Hamil/boldsky.com
Health

Pentingnya Peran Suami Selama Masa Kehamilan Istri

Wike Dita Herlinda
Minggu, 4 September 2016 - 05:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi pasangan suami istri, kehadiran si buah hati merupakan hal yang dinanti-nantikan. Apalagi jika si jabang bayi yang ditunggu-tunggu adalah anak pertama. Namun, istri yang sedang hamil terkadang lebih ‘merepotkan’ ketimbang mempersiapkan kehadiran anak.

Di saat istri sedang mengandung itulah, para suami seharusnya menunjukkan dukungan ekstra. Pastikan masa-masa kehamilan tidak hanya ditanggung sepihak oleh sang istri, tetapi juga melibatkan peran penuh dari suami.

Farmasis Jatmiko Pebriansah menjelaskan tubuh seorang calon ibu mengalami banyak gejolak akibat dinamika hormonal di tengah kehadiran jabang bayi. Gejolak itu praktis memengaruhi kondisi emosional seorang perempuan yang sedang hamil.

Menurutnya, suami harus memahami kondisi tersebut sehingga tidak langsung memarahi dan lebih pengertian jika istrinya menjadi lebih sensitif atau mengalami mood swingselama periode kehamilannya.

Suami yang tidak suportif berpotensi kuat menyebabkan istri yang sedang hamil stress berat, sehingga membahayakan kandungannya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang sampai menderita trauma berkepanjangan hingga tidak mau hamil lagi.

Jatmiko mengemukakan beberapa saran untuk para suami yang istrinya tengah mengandung, khususnya kehamilan perdana. Pertama¸ jangan memaksakan istri untuk berhubungan seksual saat sedang berbadan dua.  

“Kalaupun istri yang meminta, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak membahayakan janin,” jelasnya.

Kedua, jangan bersikap acuh tak acuh dan menumpukan beban psikologis menjadi calon orang tua hanya kepada istri. Ketiga, jangan memancing masalah dengan istri. Komunikasikan segala hal dengan baik, sehingga tidak memancing pertengkaran atau emosi.

Dia menjelaskan perempuan yang tengah mengandung harus selalu dilingkupi oleh kondisi emosional yang positif. Sebab, mereka menjadi lebih sensitif seperti mudah cemburu atau mudah tersinggung. “Jadi suami harus lebih pengertian.”

Keempat, hindari sikap apatis atau kurang empati pada istri. Banyak-banyaklah mengambil inisiatif untuk meringankan beban istri, seperti dengan membantu pekerjaan rumah atau menjaga istri untuk tidak bekerja terlalu berat.

Suami juga harus memonitor kondisi istrinya yang sedang hamil, misalnya dengan mengawasi nutrisi yang dikonsumsi atau memastikan kenyamanannya saat sedang beristirahat.

Konsultan pernikahan Indra Noveldy berpendapat hal yang paling penting dilakukan oleh pasangan yang sedang menantikan jabang bayi adalah menyelaraskan komunikasi. Pasangan harus sering-sering membahas tentang calon buah hatinya dan segala persiapannya.

“Jangan ada asumsi. Para istri yang sedang hamil jangan berasumsi setiap suami pasti pengertian. Sebaliknya, para suami jangan menumpukan tugas menjadi calon ortu pada istri. Untuk itu, harus ada komunikasi yang sehat antarpasangan,” jelasnya.

Salah satu tip yang bisa dilakukan para suami untuk menunjukkan perhatian lebih pada istri yang sedang hamil adalah mengajaknya berpelsir (babymoon). Namun, Indra mengingatkan di dalam babymoonsebenarnya pihak suamilah yang lebih direpotkan.

“Suami yang harus berinisiatif memilih destinasi yang sesuai untuk istri hamil, kegiatan apa saja yang aman dan nyaman dilakukan istrinya selamababymoon, dan menjaga agar sang istri bahagia dan rileks selama kegiatan tersebut. Jadi suami jangan berpikir dengan babymoon mereka akan ikut liburan, karena sebenarnya yang berlibur adalah si calon ibu.”

Memanjakan istri yang sedang hamil, lanjutnya, tidak harus selalu mengajak berpelesir, memenuhi segala permintaannya saat ngidam, atau membelikan apapun yang diminta oleh pasangannya.

Perhatian bagi istri hamil yang paling utama adalah ketika para suami memberi ruang yang luas untuk mendiskusikan calon anak mereka dan bagaimana membesarkan serta mengasuhnya setelah nanti dia hadir ke dunia.

Dengan demikian, istri tidak akan merasa sendirian sebagai orang tua. Istri juga merasa aman karena mengetahui suaminya pasti selalu hadir dan akan memberikan dukungan penuh terhadap si calon ibu dan buah hatinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro