Nusa Penida. /
Travel

Luangkan Waktu, Nusa Penida Festival Digelar 7-9 Oktober

Feri Kristianto
Rabu, 14 September 2016 - 03:10
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Sebanyak 1.000 orang laki-laki Penari Baris Jangkang direncanakan memeriahkan pembukaan Nusa Penida Festival yang akan berlangsung pada 7-9 Oktober di Pulau Nusa Penida, Klungkung.

Humas Nusa Pen‎ida Festival (NPF) 2016 Nyoman Widana mengungkapkan penampilan Baris Jangkang untuk menunjukkan kepada masyarakat adanya tarian sakral asal Nusa Penida tersebut.

Baris Jangkang merupakan tarian yang melambangkan kegagahan tentara masa lalu, yang tercermin lewat gerak luwes tetapi penuh kekuatan dan balutan seni yang tinggi. Widana menekankan pakem tarian ini berbeda dengan tarian lain di Bali.

"Penampilan ini sekaligus untuk regenerasi dan melestarikan tarian sakral ini, karena rencananya penarinya dari kalangan pelajar dan masyarakat," ujarnya melalui rilis, Selasa (13/9/2016).

Selain menghadirkan Baris Jangkang, NPF yang digelar ketiga kalinya dan dipusatkan di Nusa Penida ini akan memperkenalkan sejumlah obyek wisata yang sudah dikenal maupun yang masih baru. Widana mengungkapkan wisatawan akan diajak ke berwisata seperti ke Rumah Pohon di Desa Pelilit, dan Suana Point.

Selain itu, akan dilakukan pula lomba perahu layar, lomba renang massal, transplantasi terumbu karang serta pameran ‎produk kerajinan setempat. Rencananya ajang ini akan mengundang Menteri Pariwisata dan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro