Ilustrasi/Reuters
Health

Ini Alasan Hewan Berbisa Hadir di Rumah Anda. Begini Cara Menghindarinya

Newswire
Selasa, 4 Oktober 2016 - 13:31
Bagikan

Kabar24.com, PADANG - Pernah menemukan hewan berbisa yang tiba-tiba hadir di rumah Anda. Bila kehadirannya tidak disengaja, bisa jadi masalahnya adalah kebersihan rumah Anda.

Peneliti sekaligus praktisi tentang hewan vertebrata dari STKIP PGRI Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Fakhrul Reza, mengatakan gaya hidup yang bersih dan rapi dapat menghindarkan rumah dari kemunculan hewan berbisa.

Selama ini kami tahu bahwa hewan berbisa seperti ular, kalajengking, dan lipan suka bersembunyi di tempat gelap dan dingin, kata Fakhrul di Padang, Selasa (4/10/2016).

Ia menjelaskan tempat-tempat dingin yang disukai hewan berbisa tersebut adalah tempat di bawah tumpukan barang, dekat genangan air, dan sampah yang ditumpuk.

Sampah yang ditumpuk akan menyebabkan kecoa datang dan mengundang katak untuk memakannya, selanjutnya mendatangkan pemangsa yang lebih besar yaitu ular, sehingga terbentuklah rantai makanan di sana, sebutnya.

Maka agar rumah tidak didatangi hewan-hewan berbisa tersebut sangat penting menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

Jangan menumpuk barang terlalu lama, bongkarlah sekali-sekali untuk menghindari hewan berbisa tersebut berdiam di rumah.

Ia menjelaskan dalam segi jenis hewan-hewan tersebut memang banyak di hutan, namun dari segi individu lebih banyak ditemukan di permukiman.

Jika masyarakat menemukan hewan tersebut di rumah, sedapat mungkin untuk tidak membunuhnya.

"Hubungilah pawang ular, atau dinas terkait untuk dapat memindahkan hewan tersebut ke habitat aslinya," katanya.

Salah seorang warga Gunung Pangilun, Fitri, 23, di Padang mengaku pernah menemukan ular di bawah tumpukan barang di rumahnya.

"Saya sangat terkejut, untunglah tetangga saya ada yang bisa menangkapnya, kemudian memasukkan ular tersebut ke dalam karung dan membawanya," tambah dia.

Setelah kejadian tersebut ia mengatakan tidak lagi membiarkan barang-barang bertumpuk di lantai dan lebih sering membersihkan rumahnya, dan sejak itu binatang berbisa itu tidak pernah lagi ditemukan di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro