Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasangan Terpaut Beda Usia Cukup Jauh, Berisiko Besar Bercerai

Hubungan percintaan terpaut beda usia cukup jauh dewasa ini makin banyak terlihat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 November 2016  |  12:59 WIB
Ilustrasi pasangan beda usia -
Ilustrasi pasangan beda usia -

Bisnis.com, JAKARTA- Hubungan percintaan terpaut beda usia cukup jauh dewasa ini makin banyak terlihat.

Baik itu sang pria jauh lebih tua daripada perempuan, atau sebaliknya. Dan hal tersebut sudah dianggap sah dan wajar-wajar saja. Asalkan ada pengertian dan kecocokan satu sama lain yang bisa membangun hubungan dan juga kebersamaan.

Namun, para ahli mengatakan bahwa perbedaan usia yang cukup jauh tidak dianjurkan untuk demi kesehatan.

Alasannya, karena kesalahpahaman, konflik, kekecewaan dan bahkan masalah stamina mungkin menjadi masalah dalam hubungan beda usia jauh tersebut.

Baru-baru ini banyak ahli, peneliti, psikolog dan bahkan pekerja sosial melakukan penelitian untuk menentukan perbedaan usia yang ideal antara pasangan. Berikut adalah beberapa pengamatan mereka.

Para peneliti menyatakan bahwa potensi terjadinya perpisahan meningkat ketika ada perbedaan usia yang sangat besar antara pasangan.

Menurut statistik, kesenjangan 20 tahun antara suami dan istri bisa memiliki 95% kemungkinan untuk bercerai. Perbedaan usia 10 tahun dapat mengurangi probabilitas 40%. Dan ketika perbedaan usia hanya 5 tahun, risiko perceraian akan menjadi sekitar 15%.

Tapi tentu saja, tidak ada perlu khawatir jika Anda sudah menjalin hubungan dengan orang yang terpaut beda usia sangat jauh, karena ada beberapa pasangan yang berhasil menjalin hubungan dengan awet. Tapi persentase mereka sangat rendah.

Masalah terkait perbedaan usia ini adalah kurangnya pemahaman dan empati. Jiwa manusia mengalami berbagai tahap berbagai fase kehidupan. Ketika pasangan gagal untuk memahami satu sama lain, kesenjangan antara mereka akan meningkat.

Aspek lain yang bisa membuat hubungan kurang baik adalah kondisi kesehatan. Misalnya saja pasangan Anda yang lebih tua akan lebih muda terkena penyakit sehingga pasangannya harus merawatnya yang terkadang membutuhkan kesabaran yang luarbiasa.

Karena itu, dibutuhkan ikatan yang sangat kuat dalam hubungan yang terpaut beda usia ini.

Juga, para ahli menyarankan memilih pasangan tergantung pada tingkat kematangan dan kompatibilitas. Jadi, seorang pria yang usianya 60 tahun yang menikahi seorang wanita berusia 25 tahun bukan pilihan yang dianjurkan, menurut para ahli.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perceraian relationship tips pernikahan

Sumber : timesofindia.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top