Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah Saudagara di Selat Malaka Jadi Inspirasi Ghea Panggabean

Desainer Indonesia, Ghea Panggabean, unjuk gigi di IPMI Trend Show 2017 dengan menampilkan Ulos Batak dari Sumatera Utara dengan berbagai macam bahan dengan tema "The Spice & Silk Route".
Atiqa Hanum
Atiqa Hanum - Bisnis.com 10 November 2016  |  08:10 WIB
Sejarah Saudagara di Selat Malaka Jadi Inspirasi Ghea Panggabean
Koleksi Ghea Panggabean di IPMI 2017 - Atiqa Hanum
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Desainer Indonesia, Ghea Panggabean, unjuk gigi di IPMI Trend Show 2017 dengan menampilkan Ulos Batak dari Sumatera Utara dengan berbagai macam bahan dengan tema "The Spice & Silk Route".

Koleksi Ghea kali ini terinpirasi oleh aktifitas perdagangan saudagar-saudagar disepanjang Selat Malaka hingga Sumatera sampai Ke Jawa. Perjalanan dimulai ketika saudagar membawa pengaruh kebudayaan dari negerinya melalui Sumatera dan Jawa yang mengakibatkan pertukaran budaya antara masyarakat setempat dengan pendatang, termasuk dalam cara pembuatan kain tradisional dan motif hiasannya.

"Pertama saya akan menampilkan ulos Batak dari Sumatera Utara yang diterjemahkan ke dalm gay artisan nan modern, lalu ke Palembang yakni dengan kain motif Limar dihiasi print Songket Emas serta bordir juga manik yang terinpirasi dari kerajaan Sriwijaya," jelasnya, Selasa (8/11/2016).

Dari Palembang ke Pulau Jawa dimana Ghea menampilkan kain Batik Parang ala Keraton Jawa. Ada juga kain Batik Cinde dan kain Batik Alas-alasan dipadankan dengan jaket beludru gaya raja-raja dan prajurit keraton Jawa. Tidak lupa hiasan berupa sulam dan print emas juga aksesoris kebesaran nan megah.

"Perjalanan kali ini membawa Anda melalui keindahan budaya yang dituang dalam motif print yang diterjemahkan ke dalam fesyen yang modern," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

desainer fashion show ghea panggabean
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top