Opera Kecoa./Bisnis
Show

BCA Ajak Penerima Beasiswa Nonton Bareng Opera Kecoa

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 November 2016 - 07:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mewujudkan komitmennya untuk mendorong pembentukan karakter generasi muda melalui seni dan budaya dengan mengundang penerima beasiswa Bakti BCA dari Universitas Indonesia, peserta Program Pendidikan Akuntansi (PPA) Non Gelar, peserta Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) Non Gelar dan anak-anak karyawan BCA untuk bersama-sama menyaksikan pertunjukan seni teater.

BCA mengajak ± 60 mahasiswa tersebut untuk menyaksikan pertunjukan karya Teater Koma yang ke 146 berjudul Opera Kecoa.   Karya ini digelar selama 11 hari mulai 10 sampai dengan 20 November 2016 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki Jakarta. Hadir pada acara nonton bareng ini General Manager Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati.  

“Bakti BCA melalui pilar Solusi Cerdas tidak hanya memberikan bantuan materil dan mendukung para penerima beasiswa dan anak karyawan untuk berprestasi dalam pendidikan formal, namun kami juga menaruh perhatian pada pembentukan karakter mereka supaya kelak dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Salah satu wadah yang baik dan dekat dengan generasi muda adalah teater. Banyak nilai dan pembelajaran yang dapat diperoleh dari seni teater. Mulai dari alur cerita yang menjelaskan pesan moral pembelajaran sampai dengan keindahan seni yang merangsang daya imajinasi dan kreativitas,”  ujar Inge dalam siaran persnya.  

Opera Kecoa yang digambarkan sebagai pesan masa lalu untuk masa depan ini pertama kali dipentaskan pada tahun 1985. Lakon karya Nano Riantiarno ini bercerita mengenai orang-orang kecil yang menghadapi kenyataan keras. Nano melakonkan perjuangan seorang bandit kelas teri, Roima, yang sedang berada di persimpangan jalan. Dia tertarik kepada Tuminah, seorang Pekerja Seks Komersial yang sudah punya pacar seorang waria bernama Julini.

  ”Pertunjukan yang ditampilkan dalam bentuk nyanyian dan gerak khas Teater Koma ini akan menyuguhkan pesan moral yang baik untuk mahasiswa dan anak karyawan yang hadir. Sama seperti para tokoh yang melakoni perjuangan hidup dan hanya punya dua pilihan, generasi muda pun hanya memiliki dua pilihan: bertahan atau tersingkir dalam kehidupan,” Inge Setiawati.  

Program nonton bareng pertunjukan karya Teater Koma ini bukanlah yang pertama kali diselenggarakan BCA. Pada Maret lalu, BCA mengajak 100 siswa-siswi  3 (tiga) SMA Sekolah binaan Bakti BCA yang berasal dari SMAN 3 Serang, SMAN 1 Gadingrejo, dan SMAN 1 Karangmojo, beserta para guru pendamping untuk menyaksikan pertunjukan karya Teater Koma yang ke 143 berjudul Semar Gugat.  

Dengan Teater Koma sendiri, BCA telah mendukung pelaksanaan pertunjukan karya Teater Koma, di antaranya pada Semar Gugat, Opera Ular Putih, Republik Cangik, Demonstran, Sie Jin Kwie, Sampek Engtay, dan Ibu. ”Seluruh dukungan BCA kepada Teater Koma merupakan komitmen kami dalam melestarikan dan mendukung pengembangan budaya nasional, seni, sekaligus membentuk karakter bangsa Indonesia,” tutup Inge.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro