Album Monokrom/tulus company
Musik

Tulus, Sampaikan Pesan Perdamaian Lewat Lagu

Ramdha Mawaddha
Senin, 26 Desember 2016 - 20:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Sejak memulai karier di dunia tarik suara, Tulus saat ini menjadi salah satu penyanyi papan atas Indonesia yang memiliki banyak jam terbang. Namun hal tersebut tidak membuatnya abai dengan kondisi sosial yang terjadi di sekitarnya saat ini.

Hal tersebutlah yang membuat penyanyi bernama lengkap Muhammad Tulus ini turut berpartisipasi dalam lagu Satu Indonesiaku yang diinisiasi oleh  Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Indonesia  (PAPPRI) dan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI).

Bersama 29 penyanyi lainnya, Tulus ingin menyampaikan pesan-pesan perdamaian kepada seluruh masyarakat Indonesia. Bagi tulus, yang paling membuatnya semangat menjadi bagian dari lagu ini karena meyakini jika orang-orang sebenarnya banyak yang resahmelihat bangsa kita ingin dipecah belah.

Saya sangat yakin, banyak yang resah melihat bangsa yang seindah ini dengan keberagaman malah dipaksa untuk berbeda-beda, kita gak mungkin bisa seragam, karena indahnya kita itu karena kita bermacam-macam,” jelasnya saat menghadiri peluncuran video clip lagu ini di Djakarta Theater belum lama ini.

Bagi lelaki kelahiran 20 Agustus 1987 ini  sebagai musikus adalah kesempatan bagi dia untuk bersuara lewat kemampuannya yaitu musik. Menurutnya pesan yang disampaikan lagu Indonesia Satu ini sangat lugas, sehingga liriknya dapat sampai dengan mudah bagi orang yang mendengarnya.

Meski video clipnya masih 75%, tapi sangat jelas pesan yang ingin disampaikan dan konsep clipnya sederhana saja dengan bernyanyi di depan keindahan Indonesia di berbagai daerah. “Audio dan visual bisa menyentuh hati yang mendengarkan, terutama orang yang mungkin meragukan keindahan Indonesia. Itu adalah keberagaman,” jelasnya.

Karena melibatkan banyak penyanyi, Tulus mengatakan dirinya tidak bisa melakukan improvisasi. Sehingga dirinya harus menekan ego yang biasanya dalam studio rekaman sangat meluap-luap, jadi membuat seluruh penyanyi dapat bersinergi, bukan menonjolkan diri masing-masing. Dan proses rekaman dilakukan hanya empat hari dengan sekian banyak penyanyi, sehingga menjadi tantangan tersendiri baginya.  “Tantangannya karena harus terdengar merdu bersama bukan sendiri,” ungkapnya.

Lewat lagu ini Tulus menyampaikan harapannya bahwa dengan lagu ini mampu kembali mengingatkan kita kalau Indonesia indah itu karena keberagaman yang kita punya. “Itu yang mebuat kita unik, membuat kita sangat indah, jadi harus mensyukuri keberagaman itu,” tutupnya.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro