Wisatawan mengunjungi penangkaran ikan hiu di Perairan Pulau Pari, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Jakarta/Antara
Travel

LIBUR NATAL 2016: Ratusan Ribu Turis Lokal Padati Destinasi Wisata di Ibu Kota

Feni Freycinetia Fitriani
Selasa, 27 Desember 2016 - 00:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wisatawan nusantara yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya menyambangi beberapa destinasi wisata selama libur panjang yang berlangsung 24-26 Desember 2016 dalam rangka hari raya Natal.

Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo mengatakan gelombang kedatangan wisatawan ke destinasi wisata di utara Jakarta tersebut terjadi pada Jumat (24/12/2016).

"Kami telah mengantisipasi akan terjadi kenaikan kunjungan wisnus ke beberapa wilayah di Kepulauan Seribu menjelang libur panjang. Jumlqh turis dari Jakarta dan, sekitarnya selama empat hari mencapai 14.699 wisatawan ," katanya ketika dihubungi Bisnis.com, Senin (26/12/2016).

Dia menuturkan puncak kedatangan wisatawan terjadi pada Senin (26/12/2016), yang bertepatan dengan periode cuti bersama, yakni 5.683 kunjungan. Sementara itu, jumlah turis lokal yant datang saat Hari Natal berkisar 4.568 kunjungan.

Menurutnya,  realisasi kunjungan pada libur Natal tahun ini lebih sedikit dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy), yakni 18.574 kunjungan wisatawan. Berkurangnya jumlah wisnus ke Kepulauan Seribu ternyata terkendala kondisi lapangan.

"Tahun lalu,  Angin barat daya masuk ke Kepulauan Seribu pada pertengahan Januari. Nah, tahun ini datangnya lebih cepat sehingga mempengaruhi kondisi cuaca buruk," imbuhnya.

Budi menambahkan sebagian besar wisnus memenuhi Pulau Tidung disusul Pulau Pari. Destinasi bahari lain yang diminati turis domestik a.l, Pulau Harapan,  Pulau Pramuka, dan Pulau Untung Jawa.

Selain Kepulauan Seribu, destinasi wisata lain yang ramai dikunjungi wisatawan selama libur Natal yakni Taman Impian Jaya Ancol. Public Relations Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan data kunjungan sementara pada 24-25 Desember mencapai 205.500 pengunjung.

"Realisasi kedatangan wisatawan pada Senin (26/12) pukul 12.00 wib baru 40.000 kunjungan. Kami memprediksi lebih banyak turis lokal memenuhi Ancol hingga malam," katanya.

Dia menuturkan kenaikan kunjungan wisatawan ke Pantai Ancol dan Dunia Fantasi pada libur panjang periode ini berkisar 10%- 15% dibandingkan hari libur biasa.
Adapun,  target kunjungan wisatawan selama tiga hari mulai 24-26 Desember mencapai 225.000 pengunjung.

"Kami optimistis target tersebut bisa tercapai. Animo masyarakat, khususnya yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya,  untuk datang ke Ancol selama liburan tetap besar," jelasnya.

PENUMPANG KRL NAIK 20%

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengoperasikan 881 perjalanan per hari untuk mendukung aktivitas warga selama libur panjang Natal.

Dirut PT KCJ M.  Fadhi mengatakan jumlah pengguna KRL Jabodetabek pada saat long weekend meningkat dibandingkan hari Sabtu - Minggu biasanya.

"Jumlah pengguna pada Sabtu - Minggu ini berkisar 690.000 s.d 720.000 pengguna setiap harinya," ujarnya.
Realisasi tersebut meningkat setidaknya 10% dari jumlah pengguna pada akhir pekan normal, yang jumlahnya rata-rata 650.000 s.d 700.000 penumpang per hari.

Untuk memastikan semua pelayanan berjalan dengan baik pada musim libur PT KCJ juga menambah jumlah petugas pelayanan, keamanan, dan kebersihan di sejumlah stasiun seperti Bogor, Manggarai, Juanda, dan Jakarta Kota yang kerap dipadati pengguna musiman.

PT KCJ melaksanakan kegiatan Pos Kordinasi (Posko) di sejumlah stasiun hingga 8 Januari 2017.

Untuk libur panjang akhir pekan mendatang, anak usaha PT Kereta Api Indonesia tersebut juga telah menyiapkan perjalanan KRL tambahan khusus pada malam pergantian tahun sebanyak 21 perjalanan.

"KRL tambahan akan melayani empat relasi yang terdiri dari delapan perjalanan Bogor-Jakarta Kota/Kampung Bandan, enam perjalanan Bekasi-Jakarta Kota, lima perjalanan Maja-Tanah Abang, dan dua perjalanan Tangerang-Duri," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro