Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Film Genre Komedi Banyak disukai

Genre komedi masih menjadi daya tarik utama bagi penonton di 2016. Hal ini terlihat dari sejumlah film genre komedi yang mendominasi box office film nasional
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 14 Januari 2017  |  18:08 WIB
My stupid boss. - .Antara
My stupid boss. - .Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Genre komedi masih menjadi daya tarik utama bagi penonton di 2016.

Hal ini terlihat dari sejumlah film genre komedi yang mendominasi box office film nasional. Lihat saja perolehan film-film produksi Falcon Pictures, yakni Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 dengan perolehan penonton yang mencengangkan yakni 6.858.616 penonton, My Stupid Boss meraih 3.052.657 penonton, dan Comic 8: Casino Kings Part 2 meriah 1.835.644 penonton.

Adapun, Starvision Plus menempatkan dua filmnya meraih lebih dari satu juta penonton yakni, Cek Toko Sebelah dengan perolehan 1.601.908 penonton sejak dirilis 28 Desember dan Koala Kumal dengan perolehan 1.863.541 penonton.Film Hangout karya Raditya Dika yang dirilis sejak 22 Desember kemarin, kini sudah tembus 2,5 juta penonton.

Pemilik perusahaan film Starvision Plus Chand Parwez Servia berpendapat, film-film genre komedi masih akan stabil dan menarik perhatian penonton di 2017, sepanjang film tersebut mengusung nilai dan pesan positif. Film komedi jenis ini umumnya sukses membangun dialog pemainnya, sehingga memancing tawa penonton. Begitu pula, film dengan nilai dan pesan positif cenderung menyasar segmen pasar keluarga. Dengan demikian potensi pasarnya pun lebih luas.

Berbeda halnya dengan film genre komedi slapstick yang mengandalkan kelucuan gerak adegan, daripada dialog atau monolog pemainnya. Tidak jarang pula, film komedi jenis ini menonjolkan fisik dan lekuk tubuh perempuan. Film ini akan menghibur bagi kalangan tertentu, tetapi bukan menjadi tontonan keluarga yang dapat diapresiasi positif.

“Meski genre komedi terhitung bagus pada tahun lalu, tetapi produser juga perlu selektif dalam memilih film untuk 2017. Jangan sampai karena laris, kemudian produser berbondong-bondong membuat film komedi. Di 2017, Starvision Plus berencana masih akan mengerjakan film drama dan komedi,” tuturnya.

Diketahui, Di 2016, jumlah penonton film Indonesia mecapai 34,5 juta penonton. Angka ini meningkat lebih dari 100% dari jumlah penonton film Indonesia di 2015, yakni 16,2 juta penonton.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

film indonesia industri film komedi
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top