Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak, 5 Langkah yang Membuat Karier Lebih Moncer Tahun Ini

Semua orang tentunya ingin memiliki karier cemerlang dan menorehkan prestasi prima dalam pekerjaannya. Nah, mumpung masih dalam suasana tahun baru, tidak ada salahnya Anda memulai 2017 dengan mengevaluasi diri dan karier Anda.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 21 Januari 2017  |  21:13 WIB
Wanita karier - Ilustrasi/Istimewa
Wanita karier - Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Semua orang tentunya ingin memiliki karier cemerlang dan menorehkan prestasi prima dalam pekerjaannya. Nah, mumpung masih dalam suasana tahun baru, tidak ada salahnya Anda memulai 2017 dengan mengevaluasi diri dan karier Anda.

Tanyakanlah pada diri sendiri, sudahkah Anda menjalani profesi dengan baik? Sudah puaskah Anda? Apa yang hendak diperbaiki? Apa pula target yang ingin dicapai di tahun yang baru ini?

Untuk memperbaiki prospek karier Anda tahun ini, ada beberapa trik evaluasi diri yang bisa dilakukan. Menurut Campus and Institutional Event Executive JobStreet Indonesia Satya Sultanudin, jika dilakukan dengan benar, evaluasi diri akan membuat karier lebih moncer.

Pertama, kajilah ulang karier Anda pada tahun sebelumnya. “Hal ini penting. Seringkali kita terlalu larut dalam kesibukan sehingga sulit mendapatkan kesempatan untuk meninjau kembali posisi kita saat ini dan perkembangan karier kita. Ambillah hari libur,” ujarnya.

Sangat disarankan agar Anda mengambil cuti sejenak dan pergi ke suatu tempat di mana Anda bisa bersantai sambil menyusun pemikiran-pemikiran, serta mengevaluasi karier Anda selama ini secara jujur.

“Petakanlah, apakah selama ini Anda sudah menuju ke arah yang tepat? Atau, apakah Anda justru mengambil jalan yang salah? Jika Anda mengambil jalan yang salah, pikirkan apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.”

Catatlah pemikiran-pemikiran tersebut pada buku catatan, lengkap dengan rencana-rencana dan langkah-langkah selanjutnya, sehingga Anda bisa meninjaunya kembali pada tahun-tahun berikutnya.

Kedua, perbaruilah resume dan portofolio Anda. Menurut Satya, langkah tersebut memang menyita waktu, tetapi memperbarui resmua sangat penting dilakukan meskipun Anda sedang tidak mencari pekerjaan baru.

“Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan ‘mencari’ Anda dan kapan. Oleh karenanya, lebih baik Anda tetap membuka kesempatan. Pastikan resume dan portofolio Anda  di dunia maya adalah yang terbaru dalam jaringan karier yang relevan.”

Ketiga, perluaslah jaringan profesional Anda. Hal ini penting, sebab Anda akan lebih mudah diingat karena kedekatan personal. Itulah sebabnya, banyak perusahaan yang lebih memilih mempekerjakan seseorang berdasarkan rekomendasi internal.

“Mempunyai kenalan profesional yang luas selalu menjadi hal yang berguna. Anda akan mempunyai kesempatan lebih besar untuk masuk ke tahap wawancara jika punya jejaring, dibandingkan dengan seseorang yang tidak kenal siapapun di perusahaan tersebut.”

Keempat, tambahkanlah keterampilan atau kualifikasi baru. Menurut Satya, hal itu bisa dilakukan dengan mengikuti kursus atau mempelajari keterampilan baru. Dengan demikian, Anda pun terpacu untuk meningkatkan kreativitas.

“Hal ini adalah kesempatan yang menguntungkan, khususnya jika Anda bermaksud mendapatkan promosi atau mencari karier yang lebih baik,” jelasnya.

Kelima, atasi rasa takut Anda. Sebaiknya Anda menantang diri sendiri untuk melangkah keluar dari zona nyaman Anda di tahun yang baru ini. Atasi rasa takut, seperti berbicara di depan umum, memimpin rapat, melakukan presentasi, dan lainnya yang bisa menghalangi kemajuan karier.

“Anda harus melakukannya satu kali saja untuk membuktikan kepada diri Anda sendiri bahwa Anda bisa melakukannya. Sehingga, kali kedua dan seterusnya akan menjadi lebih mudah,” papar Satya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerjaan karier
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top