Gunung Tambora/sumbawaku.com
Travel

Jangan ke Lombok Saja, Sumbawa Juga Elok

Eka Chandra Septarini
Kamis, 26 Januari 2017 - 11:50
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM - Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) diharapkan tidak hanya terpusat di Pulau Lombok.

Pulau Sumbawa yang masih menjadi bagian dari NTB pun diharapkan bisa menikmati hasil dari pengembangan pariwisata yang gencar dilakukan oleh pemerintah provinsi.

Bupati Kabupaten Bima, Indah Damayanti, menilai pariwisata bisa menjadi salah satu sumber perekonomian masyarakat dan sumber PAD bagi Kabupaten Bima.

Potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Bima harus dikembangkan agar dapat sejajar dengan destinasi yang mengapitnya yaitu Pulau Lombok dan Pulau Komodo.

"Karena memang kami ini diapit oleh destinasi Lombok dan Komodo, jadi kami juga harus mampu, paling tidak sejajar untuk menyeimbangkan potensi tersebut. Sebelumnya, kita harus mapping dulu," ujar Indah kepada Bisnis.com saat ditemui di Mataram, Selasa (24/1/2017).

Dengan berkembangnya pariwisata, diharapkan mampu meredam potensi konflik yang kerap terjadi di daerah Kabupaten Bima. Pasalnya, menurut Indah, konflik tersebut terjadi lantaran tenaga yang tercetak setiap tahunnya tidak bisa menyalurkan potensi yang ada karena terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia.

Untuk itu, terkait pengembangan pariwisata Kabupaten Bima, setidaknya Indah bersama timnya tengah berproses dalam menyusun Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPDA) Kabupaten Bima. Selain itu, penataan sarana dan prasarana pariwisata juga terus dilakukan agar wisatawan yang berkunjung merasa nyaman.

Tidak ketinggalan, Indah berharap para pelaku pariwisata khususnya agen perjalanan bisa membuat layanan dan paket wisata yang profesional serta melakukan promosi pariwisata yang efektif untuk Kabupaten Bima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro