Perayaan Imlek di Dusun Bambu, Lembang./.Bisnis-Wike D. Herlinda
Travel

Yuk Libur Imlek Sambil Glamping di Dusun Bambu

Wike Dita Herlinda
Sabtu, 28 Januari 2017 - 17:45
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Kebanyakan keluarga menghabiskan perayaan Imlek dengan berkumpul bersama untuk sembayang dan menyantap beraneka sajian khas tahun baru.

Namun, selain perjamuan makan, Anda bisa juga merayakan Tahun Baru China dengan berwisata bersama keluarga. Misalnya saja, dengan melakukanglamping (glamorous camping) bersama.

"Bagi kaum urban Jakarta, destinasi liburan Imlek favorit kebanyakan ke Bandung dan sekitarnya. Salah satunya adalah ke Dusun Bambu di daerah Cisarua, Lembang," jelas Tour Leader Tukang Jalan, Feby Letina, Sabtu (28/1/2017).

Bagi yang belum familiar, glamping belakangan telah menjadi kegiatan favorit para keluarga urban. Sebab, berbeda dengan berkemah secara konvensional,glamping merupakan kegiatan menginap di tenda yang berfasilitas ala resort atau hotel berbintang.

Glamping sendiri menjadi tren yang populer satu dekade terakhir, bersamaan dengan semakin banyaknya turis abad ke-XXI yang mencari sensasi kemewahan akomodasi hotel dengan tetap mengedepankan unsur petualangan dan back to nature layaknya kemah konvensional.

Biasanya, tenda-tenda untuk glamping dibuat semipermanen atau permanen dengan gaya mewah, yang bertolak belakang dengan prinsip simple life atau hidup sederhana khas kemping tenda pada umumnya.

Tempat berkemah untuk glamping didesain berbentukyurt, tipi, bell tent, pod tent, safari tent, kabin, dan rumah pohon. Meski sudah cukup lama populer di luar negeri, tren ini baru dilirik oleh para pengusaha resor di Tanah Air beberapa tahun belakangan.

Beberapa kawasan di dataran tinggi, seperti Bandung, Bogor, atau Batu, sudah banyak dijumpai berbagai fasilitas glamping. Di Bali, fasilitas glamping juga banyak dijumpai di dataran rendah seperti pantai atau hutan bakau.

Dengan mengusung konsep ‘berkemah tanpa repot’,glamping semakin diminati anak muda maupum keluarga muda berjiwa modern dan fashionable, yang ingin menghabiskan waktu libur, cuti, atau sekadar menghabiskan akhir pekan dengan berdekatan dengan alam.

Di Bandung, misalnya, salah satu tujuan glampingyang populer adalah Dusun Bambu. Di tempat tersebut, tersedia 5 tenda glamping Sayang Heulang Camping Ground, yang terbagi atas tipe Single Camping Deck seharga Rp1,7 juta/malam dan Double Camping Deck seharga Rp2,75 juta/malam.

Selain itu terdapat pula 15 resort bertema alam yang ideal bagi para keluarga yang hendak menghabiskan akhir pekan panjang seperti saat liburan Imlek kali ini.

Terdapat resort Kampung Layung, yang terbagi atas tipe village residence seharha Rp2,5 juta, tipe deluxe village residence Rp2,75 juta, dan tipe family village residence Rp3,75 juta.

Selain glamping, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai fasilitas wisata menarik, berbagai restoran bertema alam, toko suvenir, dan banyak sekali spot untuk berfoto yang 'Instagram-able'.

Khusus untuk libur Imlek, pihak manajemen Dusun Bambu juga menyediakan atraksi barongsai, liong-liong, serta kesenian sisingaan khas Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro