Lanskap Gurun Tatacoa bertanah abu-abu/Antara
Travel

Menjelajahi Gurun Tatacoa di Kolombia

Newswire
Rabu, 22 Februari 2017 - 14:05
Bagikan

Asal Nama

Nama Tatacoa pun diambil dari nama spesies ular derik endemik yang mendiami wilayah tersebut. Konon, cerita rakyat setempat mengatakan jika seseorang memotong kemudian menyimpan bagian ekor ular derik itu, sang ular akan mampu kembali menemukan bagian tubuhnya yang diambil tersebut.

Sejumlah penduduk juga memilih tinggal di wilayah gurun dengan beternak sapi dan kambing serta menyediakan penginapan bagi pelancong yang ingin menghabiskan hari dan malam di gurun.

Sementara, di bawah tanah fosil hewan prasejarah seperti buaya, gajah, kura-kura, glyptodon dan megaterium, sejenis kukang tanah raksasa pernah ditemukan oleh para arkeolog.

Fosil hewan-hewan yang diperkirakan hidup jutaan tahun yang lalu tersebut sekarang dipajang di suatu museum paleontologi di depan alun-alun Villavieja.

Para ilmuwan mengatakan, jika kawasan Gurun Tatacoa dulunya adalah wilayah yang subur dan rimbun dengan pepohonan. Namun, wilayah tersebut sedikit-demi sedikit berubah menjadi wilayah tandus dan kering seperti sekarang.

Letak geografis Gurun Tatacoa telah membuat wilayah tersebut tidak hanya kaya akan temuan geologi namun juga pemandangan spektakuler bagi dunia astronomi hingga sebuah observatorium dibangun di El Cusco untuk pengamatan bintang.

Langit malam di Gurun Tatacoa terjauhkan dari pendar lampu kota yang berlebihan yang mengurangi visibilitas bintang dan objek langit lainnya.

Oleh karena itu, Gurun Tatacoa menjadi tempat favorit bagi para ahli astronomi dan pengamat bintang.

Setiap malam mulai jam tujuh, observatorium di Gurun Tatacoa membuka tur yang dipandu oleh ahli astronomi setempat yang kemudian dilanjutkan dengan mengamati bintang dengan teleskop di atap observatorium.

"Hampir mustahil melihat langit malam berbintang di kota-kota besar karena polusi cahaya," kata Carlos Cachope, yang jauh-jauh datang dari Bogota untuk melihat bintang ke Gurun Tatacoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro