Monolog Oh/indonesiakaya.com
Show

Putu wijaya dan Teater Mandiri Tampilkan Monolog Oh

Ramdha Mawaddha
Sabtu, 25 Februari 2017 - 22:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTAPutu wijaya dan Teater Mandiri menampilkan monolog Oh di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Sabtu (25/2/2017).

Dalam pementasannya, Putu menampilkan konsep teater minimalis yang menghibur dan menggugah pemikiran para penikmat seni dan sastra.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian mengatakan,  pertunjukan ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda terhadap seni sastra.

Putu Wijaya (sutradara dan penulis naskah) juga pemimpin Teater Mandiri, kelompok teater yang sudah berusia 46 tahun yang rutin mengadakan pertunjukan tiap tahunnya di berbagai kota di Indonesia dan mancanegara.

Anggota Teater Mandiri terdiri dari seniman sampai orang awam dengan semboyan "Bertolak Dari Yang Ada", yaitu membelajarkan setiap orang untuk bekerja dengan apa saja yang tersedia, kemudian dioptimalkan dengan kreativitas sehingga dalam kondisi apapun, dalam keadaan yang bagaimanapun, tidak ada yang tidak bisa dikerjakan dan dicapai.

Target Teater Mandiri menyuguhkan tontonan "Teror Mental" yaitu tontonan yang memberikan bukan saja hiburan, tetapi pencerahan agar penonton terbiasa untuk kritis.

Putu Wijaya dan teaternya telah mendapat berbagai penghargaan, di antaranya adalah tiga Piala Citra dalam Penulisan Skenario dan tiga kali pemenang Penulisan Lakon DKJ. Ia juga pernah diundang ke Beograd untuk memberikan lokakarya sutradara di Italia (2007) dan turut pentas di LaMaMa (1997).

Pertunjukan berdurasi kurang lebih satu jam ini, menampilkan Taksu Wijaya, Dewi Putu Wijaya dan Putu Wijaya.

Bagi Putu, monolog Oh hadir untuk membicarakan masalah perbedaan, keadilan, dan kebenaran lewat pengadilan serta keadilan kebenaran di hati nurani masyarakat.

Monolog ini menampilkan paradoks antara keinginan orang tua rindu kepada anaknya dan ambisi seorang anak muda yang pintar tetapi angkuh yang lebih mendahulukan kepentingan karirnya.

“Semoga penonton yang menyaksikan pertunjukan ini dapat memahami isi cerita yang disampaikan dan tentunya terhibur,” ujar Putu Wijaya dalam rilis yang diterima Bisnis, Sabtu (25/2/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro