Pameran Ekskursi UI di Museum Nasional Dibuka

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keindahan arsitektur vernakular yang tiada habisnya.
Dika Irawan | 31 Maret 2017 05:33 WIB
Universitas Indonesia - Antara

Bisnis.com, Jakarta -- Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keindahan arsitektur vernakular yang tiada habisnya.

Arsitektur ini menjadi perhatian Departemem Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia untuk dikaji lebih mendalam tentang rumah tradisional suku-suku di Indonesia salah satunya di Pulau Sabu.

Berada di ujung Nusantara, Pulau Sabu di Nusa Tenggara Timur ini menyimpan keindahan arsitektur tradisional yang mengacu pada kebudayaan, tradisi dan letak geografisnya. Hal inilah yang membuat Ekskursi Arsitektur UI melakukan rekam jejak arsitektur vernakular ke Kabupaten Sabu Raijua selama tiga pekan.

Semua keunikan seni dan arsitektur suku sabu ini akan diperlihatkan dalam pameran foto, maket, sketsa, buku, dan film, Pameran Ekskursi Arsitektur UI di Museum Nasional Indonesia, Jakarta pada 30 Maret hingga 18 April. Tidak hanya berisi perjalanan sejarah arsitektur daerah asli, pameran ini juga mengangkat materi fisik asli yang berhasil diangkut.

Pameran ini merupakan pameran kedua di Museum Nasional Indonesia setelah kesuksesan Pameran Ekskursi Menggapai Tonggak Cakrawala pada tahun lalu.

Tag : pameran
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top