Pohon mahoni/Istimewa
Health

Kucing Diabetes, Begini Cara Mengobatinya

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 8 April 2017 - 16:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus penyakit diabetes melitus (DM) juga dilaporkan terjadi pada hewan terutama anjing dan kucing. Kejadian DM pada hewan disebabkan faktor kegemukan, genetik, serta pengaruh obat yang menyebabkan inflamasi pankreas.

Secara genetik DM muncul pada anjing betina dan kucing jantan. Beberapa obat seperti glukokortikoid dapat mengganggu kerja insulin dan menyebabkan terjadinya diabetes.

“Beberapa hasil penelitian kami menunjukkan bahwa penderita penyakit degeneratif berada dalam kondisi stres oksidatif. Antioksidan merupakan penangkal radikal bebas. Antioksidan eksogen yang bersumber dari bahan alam dapat menanggulangi beberapa penyakit degeneratif dan meningkatkan status antioksidan tubuh, serta menghambat laju kerusakan sel, jaringan dan organ tubuh,” ujar Profesor Tutik Wresdiyati,  Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam keterangan resminya, Sabtu (8/4/2017).

Menurutnya, ada beberapa bahan alam sumber antioksidan yang dapat digunakan, yakni jahe emprit, buah pare, rumput laut, teripang laut, bawang dayak, klorofil daun singkong, daun cengkeh, virgin coconut oil, biji mahoni juga probiotik, isoflavon, Zn, vitamin E dan tempe.

Untuk menanggulangi diabetes pada kucing, Tutik berhasil mengembangkan pakan kucing berbasis ekstrak biji mahoni yang terbukti dapat mencegah obesitas dan diabetes pada kucing. Inovasi pakan dari biji mahoni ini kaya antioksidan-flavonoid serta komponen fitokimia serta alkaloid, steroid, saponin, triterpenoid dan hidroquinon.

“Produk ini kami beri nama “Mohabes” dan telah mendapat penghargaan sebagai salah satu dari 108 inovasi terpilih Indonesia 2016 dari Business Inovation Center dan telah siap untuk dikembangkan dengan mitra produsen pakan kucing,” terangnya.

 

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro