Ingin Kulit Awet Muda? Biasakan Dua Langkah Ini Saat Perawatan

Banyak perempuan muda urban yang hanya memedulikan make up untuk wajah, tetapi mengabaikan rutinitas merawat kulit tubuh.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 19 April 2017  |  16:12 WIB
Ingin Kulit Awet Muda? Biasakan Dua Langkah Ini Saat Perawatan
Ilustrasi - Healthcontractor

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak perempuan muda urban yang hanya memedulikan make up untuk wajah, tetapi mengabaikan rutinitas merawat kulit tubuh. Padahal, kulit yang masih muda rentan mengalami penuaan dini apabila tidak dirawat dengan baik.

Apalagi, perempuan muda yang tinggal di daerah perkotaan cenderung lebih sering terpapar polusi, debu, serta elemen-elemen radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Salah satu solusi yang perawatan yang bisa diandalkan untuk mencegah penuaan dini pada kulit adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi (body scrubbing) dan mengaplikasikan pelembab. Sayangnya, kedua langkah tersebut seringkali diabaikan dan dianggap remeh.

Deputy General Manager Brand Development Marina dari Tempo Scan, Dwi Astuti, mengatakan padatnya aktivitas perempuan modern dan ancaman polusi membuat kulit rentan dan kusam, serta mengganggu penampilan.

“Untuk itu, mereka memerlukan perawatan lebih lengkap. Eksfoliasi menjadi langkah pertama untuk memastikan manfaat losyen tubuh dan tangan dapat diserap maksimal oleh kulit sehingga tampak lebih cerah, sehat, dan terawat,” ujarnya saat meluncurkan kampanye #steps2shine dari rangkaian perawatan kulit Marina UV White pada Rabu (19/4/2017).

Lebih lanjut, Dwi mengatakan rangkaian perawatan Marina UV White diformulasikan khusus untuk kulit perempuan muda.

“Perlunya rangkaian perawatan ini dilatarbelakangi tantangan polusi di berbagai areal aktivitas sehari-hari, baik di dalam maupun luar ruangan, yang menyebabkan kotoran terperangkap dan menupuk di permukaan kulit,” imbuhnya.

Radikal bebas yang terkandung dalam polusi udara juga menjadi sumber masalah berbahaya karena dapat memicu kerusakan kulit, seperti keriput dan warna kulit terlihat lebih kusam. Hal itu terjadi karena radikal bebas menyerap kandungan oksigen pada sel kulit.

Dwi menjelaskan pada dasarnya kulit manusia memiliki kemampuan alami untuk beregenerasi setiap 28 hari. Namun, kemampuan regenerasi itu tidak selalu sempurna. Ada kalanya proses pelepasan kulit mati tidak berjalan sempurna.

Akibatnya, kulit mati yang tidak terangkat akan menumpuk dan menjadi penyebab kulit terlihat kusam, kering, dan kasar, serta mengganggu kesehatan dan tampilan kulit.

“Eksfoliasi kulit dengan body scrub menjadi sangat penting karena kulit dibersihkan dan dipersiapkan untuk menerima berbagai produk perawatan lanjutan seperti losyen tangan dan tubuh,” papar Dwi.

Lebih lanjut, dermatologist Ruri Pamela dari Celv Clinic menjelaskan eksfoliasi sebenarnya adalah proses mengganti dan meluruhkan sel kulit mati dari permukaan kulit tubuh.

“Body scrubbing adalah salah satu bentuk pembersihan dan penting untuk dilakukan agar menstimulasi pertumbuhan sel kulit yang baru muncul di permukaan kulit. Bahkan, body scrubbing tidak hanya membantuk menyelasikan masalah kulit, tetapi meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mendapatkan kulit yang cerah dan sehat,” tuturnya.

Dia menambahkan tanpa eksfoliasi; kotoran, residu perawatan kulit, dan minyak dapat terperangkap di dalam pori-pori sehingga kulit terlihat kusam dan tidak sehat, bahkan membuat pori-pori membesar sehingga kulit kehilangan kekenyalannya.

“Oleh karena itu, body scrubbing yang teratur sangat penting untuk mendapatkan kulit yang terawat dan cerah bersinar. Setelah itu, kulit pun siap menyerap nutrisi optimal melalui pemakaian losyen tangan dan tubuh.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perawatan wajah

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top