Health

Kisah Sukses Terapi Sel Punca di Universitas Airlangga

Newswire
Kamis, 4 Mei 2017 - 14:01
Bagikan

12 Penyakit

Sel punca atau sel induk marak dikembangkan di berbagai negara dunia karena potensinya yang luar biasa dalam mengatasi berbagai penyakit atau persoalan medis.

Sel pluripoten atau multipoten ini mampu bertransformasi dan menggantikan berbagai macam sel dalam tubuh sehingga dapat menyelesaikan berbagai penyakit yang belum ditemukan obatnya.

Sama halnya dengan riset-riset lain pada umumnya di Indonesia, keterbatasan dana, sumber daya manusia, dan teknologi, memang menjadi persoalan yang mengganjal dalam pengembangan sel punca menjadi solusi medis ini. Namun demikian, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) berkomitmen mendukung pengembangan sel punca sebagai solusi pengobatan modern ke depan.

Peneliti sel punca Unair Prof esor Fedik Abdul Rantam mengatakan, selama ini Unair mengembangkan sel embrionik dan sel dewasa. Sejauh ini terapi dengan menggunakan sel punca sudah diterapkan pada 12 penyakit degeneratif, yang beberapa di antaranya yakni untuk diabetes millitus, bone fracture, sirosis, kanker dan cerebral palsy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro