Usai Sahur Langsung Tidur Picu Masalah Asam Lambung

Masyarakat muslim yang melaksanakan ibadah puasa Ramadan sering terganggun oleh masalah asam lambung yang harus diwaspadai walaupun sebenarnya bukan penyakit mematikan.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 28 Mei 2017  |  05:31 WIB
Usai Sahur Langsung Tidur Picu Masalah Asam Lambung
Sajian takjil di Masjid Jogokariyan di Yogyakarta - Antara/Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat muslim yang melaksanakan ibadah puasa Ramadan kadang kala terganggu oleh masalah asam lambung yang harus diwaspadai walaupun sebenarnya bukan penyakit mematikan.

Ari Fahrial Syam, konsultan penyakit lambung dan pencernaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan walau tidak mematikan, penyakit itu dapat menimbulkan banyak komplikasi.

“Ini peringatan kepada kita semua bahwa walaupun tampaknya tidak berbahaya, penyakit lambung itu tidak boleh dianggap remeh,” katanya, Sabtu (27/5/2017).

Menurutnya, ada kebiasaan sebagian orang yang langsung tidur setelah sahur, yang dapat menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan mengakibatkan terjadinya masalah pada saluran pencernaan.

Kebiasaan buruk lain yang juga sering dilakukan orang pada saat Ramadan adalah makan terlalu berlebihan pada saat berbuka, yang kemudian diikuti dengan merokok.

“Padahal, dengan melakukan tindakan ini, Anda sebenarnya meningkatkan risiko untuk terjadinya masalah pada lambung seperti dispepsia dan terutama jika Anda sebelumnya sudah mempunyai penyakit maag,” ujar Ari Fahrial.

Sementara itu Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia, mengatakan kesadaran akan penyakit yang tampaknya biasa itu harus terus ditingkatkan, karena jika tidak dapat berakibat fatal bagi penderitanya.

Untuk dapat menjaga keseimbangan asupan makanan yang sehat tentu bukanlah hal yang mudah, sehingga melalui produk dan berbagai kegiatan kampanye marketing, Philips mendukung masyarakat untuk bisa menyiapkan makanan sehat.

“Menyiapkan makanan sehat dengan cara yang mudah dan praktis, khususnya saat berpuasa, sangat penting ketika setiap orang harus menjaga stamina agar tetap sehat,” tutur Yongky.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
philips, Ramadan

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top