Sajian takjil di Masjid Jogokariyan di Yogyakarta/Antara-Hendra Nurdiyansyah
Health

Usai Sahur Langsung Tidur Picu Masalah Asam Lambung

Nurudin Abdullah
Minggu, 28 Mei 2017 - 05:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat muslim yang melaksanakan ibadah puasa Ramadan kadang kala terganggu oleh masalah asam lambung yang harus diwaspadai walaupun sebenarnya bukan penyakit mematikan.

Ari Fahrial Syam, konsultan penyakit lambung dan pencernaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan walau tidak mematikan, penyakit itu dapat menimbulkan banyak komplikasi.

“Ini peringatan kepada kita semua bahwa walaupun tampaknya tidak berbahaya, penyakit lambung itu tidak boleh dianggap remeh,” katanya, Sabtu (27/5/2017).

Menurutnya, ada kebiasaan sebagian orang yang langsung tidur setelah sahur, yang dapat menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan mengakibatkan terjadinya masalah pada saluran pencernaan.

Kebiasaan buruk lain yang juga sering dilakukan orang pada saat Ramadan adalah makan terlalu berlebihan pada saat berbuka, yang kemudian diikuti dengan merokok.

“Padahal, dengan melakukan tindakan ini, Anda sebenarnya meningkatkan risiko untuk terjadinya masalah pada lambung seperti dispepsia dan terutama jika Anda sebelumnya sudah mempunyai penyakit maag,” ujar Ari Fahrial.

Sementara itu Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia, mengatakan kesadaran akan penyakit yang tampaknya biasa itu harus terus ditingkatkan, karena jika tidak dapat berakibat fatal bagi penderitanya.

Untuk dapat menjaga keseimbangan asupan makanan yang sehat tentu bukanlah hal yang mudah, sehingga melalui produk dan berbagai kegiatan kampanye marketing, Philips mendukung masyarakat untuk bisa menyiapkan makanan sehat.

“Menyiapkan makanan sehat dengan cara yang mudah dan praktis, khususnya saat berpuasa, sangat penting ketika setiap orang harus menjaga stamina agar tetap sehat,” tutur Yongky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro