Sate Blengong
Kuliner

6 Sajian Khas Pantura

Newswire
Senin, 3 Juli 2017 - 16:34
Bagikan

Sate Blengong

Sate Blengong merupakan salah satu makanan yang sering diburu oleh para pemakai jalur Pantura. Sate ini kebanyakan berada di kawasan Tegal, Jawa Tengah dan juga Brebes.

Blengong berbahan dasar dari Tiktok (sebutan masyarakat lokal). Tiktok adalah hewan unggas sebutan dari warga lokal yang merupakan hasil perkawinan silang antara Itik (bebek) dan mentok.

"Hewan ini pada dasarnya unggas, tapi merupakan hasil perkawinan antara bebek dan mentok atau entog, secara fisik seperti bebek, tapi mampu terbang tinggi seperti burung biasa," kata Toriq, salah satu warga sekitar yang sering makan Sate Blengong.

Apabila dibandingkan dengan bebek, secara aroma blengong mempunyai ciri khas yang tidak lebih amis, atau aromanya tidak terlalu menyengat seperti daging bebek ketika diolah. Biasanya Sate Blengong akan disajikan dengan makanan pokoknya, yaitu ketupat atau biasa disebut dengan "kupat gablet".

Sate ini disajikan dengan tusukan pada tiap dagingnya. Dengan bahan dasar tusukan adalah batang bambu yang ukuran panjang batangnya lebih panjang daripada sate lainnya. Kuliner legendaris ini rata-rata terdiri dari tujuh potong daging di tiap tusukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro