Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Buku Novel Sastra Prancis Kemolekan Landak Diluncurkan

Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar peluncuran buku novel sastra Prancis kontemporer Kemolekan Landak karya Muriel Barbery.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 29 Juli 2017  |  02:30 WIB
Buku Novel Sastra Prancis Kemolekan Landak Diluncurkan
Novelis Prancis Muriel Barbery - Le Figaro

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Prancis di Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Penerbit Gramedia Pustaka Utama menggelar peluncuran buku novel sastra Prancis kontemporer Kemolekan Landak karya Muriel Barbery dengan menghadirkan novelis Eka Kurniawan dan kolumnis Jean Couteau pada 27 Juli lalu di Auditorium IFI Jakarta .

Buku dengan judul asli L’Elégance du hérisson tersebut merupakan novel kedua dari penulis Prancis Muriel Barbery yang diterbitkan oleh Penerbit Gallimard pada 2006. Mengangkat tema filsafat, kesadaran kelas dan konflik pribadi, Muriel mendapat apresiasi dari para kritikus sastra dan berbagai penghargaan antara lain Prix des Libraires 2007.

Eka Kurniawan mengatakan buku ini seakan menjawab pertanyaan di manakah karya sastra kontemporer Prancis. Terlebih di Indonesia, karya sastra Prancis belum cukup mendapat tempat di hati pembaca.

“Diterjemahkannya buku ini ke dalam bahasa Indonesia mengisi kekosongan itu. Harapannya ke depan lebih banyak lagi buku sastra Prancis kontemporer yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima pada Jumat (28/7/2017).

Sementara itu Jean Couteau mengatakan buku ini melalui proses penerjemahan yang berlapis. Ada lima penerjemah termasuk saya yang dilibatkan di dalamnya agar sempurna dan pas dengan konteks yang dimaksud sang penulis.

Lahir di Kasablanka, Maroko, pada 28 Mei 1969, Muriel Barbery besar dan mendapat pendidikan di Paris. Lulus dari jurusan Filsafat Ecole Normale Superiere de Fontenay-Saint-Cloud pada 1993, dia kemudian berkarier sebagai pengajar di SMA dan pendidikan untuk guru. Pernah tinggal di Jepang selama 2 tahun, kini dia menetap di Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

novel
Editor : M. Syahran W. Lubis

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top