Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay./Antara
Health

Bayi Debora Meninggal : DPR Minta Kemenkes Lakukan Investigasi

Newswire
Senin, 11 September 2017 - 12:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay meminta Kementerian Kesehatan untuk menginvestigasi kejadian yang dialami bayi Debora secara serius agar kejadian serupa tidak terulang.

"Investigasi bisa melibatkan perkumpulan rumah sakit yang ada. Bila ada prosedur pelayanan yang dilanggar, Kementerian Kesehatan harus menjatuhkan sanksi tegas," kata Saleh melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Senin (11/9/2017).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatab perlu membuat aturan khusus terkait pelayanan kesehatan di rumah sakit sehingga pasien yang tidak cukup biaya tidak ditolak begitu saja.

Apalagi, bila pasien tersebut memiliki kartu peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang perlindungan kesehatannya dijamin oleh negara.

"Kalau membaca kronologinya, saat itu termasuk situasi darurat. Mestinya ada pengecualian dalam situasi seperti itu," tuturnya.

Saleh mengatakan, kejadian yang dialami bayi Debora seharusnya tidak terjadi di tengah keseriusan pemerintah mengejar target pelaksanaan jaminan kesehatan universal.

"Jaminan kesehatan universal seharusnya memastikan masyarakat memperoleh akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan masyarakat yang bermutu dengan biaya yang terjangkau," katanya.

Menurut Saleh, jaminan kesehatan universal akan sulit tercapai bila masih ada kejadian seperti yang dialami bayi Deborah.

"Saya ikut sedih dan prihatin atas musibah yang dialami bayi Debora. Saya bisa merasakan kesedihan dan duka yang dialami seluruh keluarganya," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro