Seniman Thailand Gelar Pameran di Galeri Nasional

Richard Koh Fine Art (RKFA) dan Galeri Nasional Indonesia mempersembahkan pameran seni rupa kontemporer karya perupa asal Thailand, Natee Utarit, yang bertajuk Optimism Is Ridiculous: The Altarpieces pada 3–17 Oktober 2017 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 30 September 2017  |  07:41 WIB
Seniman Thailand Gelar Pameran di Galeri Nasional
Galeri Nasional - galeri/nasional.or.id

Bisnis.com, JAKARTA – Richard Koh Fine Art (RKFA) dan Galeri Nasional Indonesia mempersembahkan pameran seni rupa kontemporer karya perupa asal Thailand, Natee Utarit, yang bertajuk Optimism Is Ridiculous: The Altarpieces pada 3–17 Oktober 2017 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Pameran akan menampilkan tujuh karya dari rangkaian karya berjudul Optimism Is Ridiculous: The Altarpieces yang telah dikerjakan sejak 2012 serta pernah tampil di pelbagai galeri di Asia. Pembukaan pameran akan berlangsung pada Selasa, 3 Oktober 2017, pukul 19.00 WIB.

Dalam siaran pers yang diterima, Jumat (29/9/2017), The Altarpieces adalah kritik Utarit terhadap modernisasi Barat, sindiran terhadap modernisme dan kapitalisme dengan segala godaan yang dibawanya. Terdiri dari 12 karya, karya-karya ini tersusun dari beberapa panel yang membentuk diptych, triptych dan polyptych, mengikuti tradisi lukisan religius klasik dengan bingkai dan penataan serba rinci.

Ketertarikan Utarit pada lukisan religius Barat berasal dari pendekatan apropriatifnya terhadap seni rupa klasik Barat. “Dalam lukisan-lukisan ini saya menawarkan tafsiran mengenai dunia dan pelbagai kepercayaan yang muncul di dunia Barat, menurut cara pandang Asia dari saya sendiri”, katanya.

Optimism Is Ridiculous: The Altarpieces adalah pameran keliling, dengan Galeri Nasional Indonesia sebagai perhentian kedua. Pameran ini sebelumnya sudah tampil di Museum Ayala, Kota Makati, Filipina, pada bulan Februari 2017. Setelah Jakarta, pameran ini akan hadir di Singapura.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pameran

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top