Borobudur/Istimewa
Show

Borobudur Writers and Cultural Festival 2017 Siap Digelar

Ilman A. Sudarwan
Selasa, 14 November 2017 - 20:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Borobudur Writers & Cultural Festival akan kembali digelar untuk keenam kalinya. Gelaran kali ini dilaksanakan selama 23-25 November 2017 mendatang. Tahun ini tema yang diangkat adalah Gandawyuha dan Pencarian Religiusitas Agama-agama Nusantara.

Serangkaian acara akan mengisi gelaran yang dilaksanakan di Magelang dan Yogyakarta ini. Untuk acara pembukaan yang dilaksanakan di Yogyakarta, akan dilaksanakan pameran buku, pameran lontar dan naskah kuno, pidato pembukaan, peluncuran buku bersama penulis, pertunjukan musik, dan pidato kebudayaan.

Acara ini dihadiri berbagai pihak seperti budayawan, akademisi, jurnalis, penulis, novelis, penyair, seniman, musisi, mahasiswa, pelajar dan masyarakat. Acara ini menjadi ajang bertukar pemikiran dan karya di bidang literatur dan kebudayaan.

Tema yang diangkat membahas bagaimana pluralisme telah mengakar di Indonesia bahkan sejak zaman Jawa kuno. Hal itu bisa dilihat pada relief Gandawyuha pada Candi Borobudur.

Sudarto yang terlibat sebagai kurator dalam acara ini mengatakan relief tersebut menceritakan bagaimana seorang Gandawyuha mencapai bodhi. Dia dikisahkan mencari ilmu dari sebanyak 53 guru berbeda sampai akhirnya tergugah dan mencapai bodhi.

"Dia diceritakan mencari ilmu dari berbagai guru berbeda, dan gurunya ini tidak hanya dari biksu saja. Di sana justru hanya ada enam biksu yang menjadi gurunya, lainnya ada berbagai kalangan, bahkan ada ceritanya dia berguru pada PSK [Pekerja Seks Komersial]," katanya, Selasa (14/11/2017).

Sudarto lebih lanjut mengatakan acara ini akan mengajak para peserta untuk membaca relief Gandawyuha bersama-sama. Menurutnya relief tersebut adalah sebuah bagian inti dari Candi Borobudur.

"Sampai saat ini belum ada yang bisa menafsirkan relief Borobudur secara utuh dan keseluruhan. Tetapi menurut saya, relief Gandawyuha yang sering dilupakan ini, justru sebenarnya adalah inti dari seluruh relief dalam Candi Borobudur," jelasnya.

Setelah hari pembukaan, ada beragam acara lainnya yang turut memeriahkan gelaran ini. Di antaranya seni pertunjukan kolaborasi antara tarian, yoga, dan instalasi. Selain itu, ada juga pertunjukkan musik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro