Begini Tip Merancang Restoran Unik dari Alat Transportasi

Konsep restoran yang memanfaatkan bekas alat transportasi seperti pesawat maupun bus selalu menarik perhatian. Hal ini tak lepas karena restoran tersebut menyajikan sesuatu yang unik. Namun pengalaman ini tidak akan tercipta bila aspek desainnya diabaikan.
Dika Irawan | 21 November 2017 20:09 WIB
Omzet restoran padang anjlok hingga 60% saat Lebaran. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Konsep restoran yang memanfaatkan bekas alat transportasi seperti pesawat maupun bus selalu menarik perhatian. Hal ini tak lepas karena restoran tersebut menyajikan sesuatu yang unik. Namun pengalaman ini tidak akan tercipta bila aspek desainnya diabaikan.

Bagaimana sepatutnya merancang restoran tersebut? Berikut tipnya dari Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia Jakarta Chairul Amal Septono:

PANDANGAN

Jadi pada prinsipnya membuat restoran kafe atau hotel dengan alat transportasi ini mengambil bentuk luarnya saja. Jadi yang ingin didapat itu view luarnya. Maksudnya adalah restoran menonjolkan bentuk pesawat atau kapal laut yang mana fungsinya sebagai transportasi sudah tidak ada.

TEMA

Untuk urusan interior, tinggal mereka [pemilik restoran] mau buatnya seperti apa. Misalnya tema pesawat bisa dibuat suasana pesawat mewah, bisa juga didesain lagi menjadi semacam jet pribadi. Begitu juga kereta atau kontainer, atau bus, atau jenis-jenis kendaraan.

LOKASI

Bila ingin membuat restoran semacam ini, yang perlu diperhatikan adalah lokasi. Contoh, tidak mungkin kan menghadirkan restoran berkonsep pesawat di lokasi yang sempit. Oleh sebab itu dalam hal ini, restoran harus berada di lokasi yang luas untuk meletakan pesawat dan memiliki jarak pandang tertentu supaya bisa dilihat.

Intinya, lokasi yang harus diperhatikan supaya orang bisa melihat dan restoran mesti menampilkan bentuk asli dari transportasi itu. Di situlah restoran memiliki nilai tambah.

KESAN

Kemudian, begitu mengolah bagian interiornya sebisa mungkin dipertahankan karakter aslinya. Misalnya kalau pesawat identik berada di ketinggian, maka pesawat pun dibuat seolah-olah sedang melayang atau persiapan menuju penerbangan. Kalau meja dan furnitur bisa diganti dengan yang baru. Tetapi bentuk asil dari pesawat sebisa mungkin harus asli, karena suasana itu yang mesti didapat.

KESELAMATAN

Untuk aspek keselamatan tentu tak boleh dilewatkan. Bila membeli pesawat atau mobil, kemudian ada komponen-komponen yang rusak atau berkarat harus segera diganti atau diperbaiki. Hal itu diperlukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

PROSPEK

Menarik terlebih zaman sekarang. Semakin aneh dan unik, makin ramai. Saat ini zamannya media sosial. Terkadang orang rela datang ke restoran yang tempatnya bagus demi mendapatkan foto, kendati makanannya tidak enak.

Tag : restoran
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top