Jokowi & Iriana Menari Tortor di Puncak Pesta Pernikahan Bobby-Kahiyang

Presiden Joko Widodo menari tortor pada acara puncak pesta pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Afif Nasution di perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi, Medan, Sabtu.
Newswire | 25 November 2017 11:12 WIB
Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (depan, kedua kanan) bersama suaminya Bobby Afif Nasution mengikuti ritual adat "Mangalo-alo Mora" pada ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017). Mangalo-alo Mora merupakan salah satu rangkaian prosesi adat Batak Mandailing dalam rangkaian acara ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution. (ANTARA FOTO - Septianda Perdana)

Kabar24.com, MEDAN - Presiden Joko Widodo menari tortor pada acara puncak pesta pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Afif Nasution di perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi, Medan, Sabtu (25/11).

Presiden Joko Widodo datang bersama Ibu Negara Iriana untuk melakukan prosesi adat Manortor sesi ketiga. Setibanya di tempat acara, Presiden dan Ibu Negara duduk diapit oleh keluarga Siregar yang mengangkat Kahiyang sebagai "mora" atau anak perempuannya.

Presiden manortor bersama dengan keluarga Siregar dan keluarga dekatnya, termasuk yang berasal dari Solo. Sebelum manortor, Presiden mengenakan ulos.

Didampingi oleh para bapak, dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah, ia tampak luwes melakukan gerakan tari yang katanya dia pelajari dari YouTube.

Presiden manotor selama sekitar 10 menit dengan iringan musik dari gondang sembilan. Saat menari, para penari pun dilemparkan beras kuning simbol kemakmuran.

Setelah Presiden, gantian Ibu Negara yang manortor diiringi oleh para ibu dari keluarga Siregar dan keluarga dari Solo. Istri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Panjaitan, istri Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan besan Iriana, Ibunda Bobby, juga ikut menari.

Ibu Iriana menari tanpa mengenakaan alas kaki selama sekitar 10 menit. Ia juga tampak luwes menari. Presiden melihat istrinya menari dari kursinya.

Kedua tari tortor itu adalah tari tortor mora yang menunjukkan Presiden dan Ibu Negara Iriana sudah masuk dalam keluarga Siregar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kahiyang ayu

Sumber : Antara

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top