Kemenkes Jamin Keaslian Vaksin Difteri

Kementerian Kesehatan memastikan keamanan vaksin difteri yang diproduksi Biofarma. Adapun terkait kehalalannya, Kemenkes sudah berbicara dengan Menteri Agama.
Nindya Aldila | 13 Desember 2017 16:09 WIB
Menteri Kesehatan Nila Moeloek (kanan) didampingi Sekjen Kemenkes Untung Suseno Sutarjo mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (11/10). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan memastikan keamanan vaksin difteri yang diproduksi Biofarma. Adapun terkait kehalalannya, Kemenkes sudah berbicara dengan Menteri Agama.

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan pemberian vaksin adalah cara yang paling efektif untuk menekan kemungkinan terjadinya kasus difteri.

Saat ini, vaksin difteri yang termasuk ke dalam program nasional adalah produksi dari Biofarma. Dengan demikian, dia meyakini bahwa vaksin ini terjamin keasliannya sehingga masyarakat tidka perlu khawatir.

"Vaksin ini dibuat oleh Biofarma, ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan. Maaf, vaksin ini tidak terlalu mahal, jadi kalau mau dipalsukan, apa untungnya. Nah itu diberikan gratis, jadi RS bisa minta dengan kami," tuturnya.

Adapun terkait halal, Menkes sedang membicarakan dengan Kementerian Agama, mengingat kehalalan produk farmasi dijamin oleh UU Jaminan Produk Halal.

"Sebenarnya ada aturan yang mengatakan bahwa jika terjadi sesuatu seperti ini [KLB], tidak ada kata lain, jadi [vaksin] harus tetap diberikan," katanya.

Tag : vaksin difteri
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top