'Star Wars: The Last Jedi' Raup US$450 juta

Film Star Wars: The Last Jedi meraih sukses besar dari pekan pertama penayangannya di bioskop seluruh dunia dengan mendapatkan US$450 juta dari penjualan tiket mereka. Torehan tersebut mengukuhkan Star Wars sebagai salah satu kekuatan besar dalam industri perfilman dunia sampai saat ini.
Ilman A. Sudarwan | 18 Desember 2017 22:42 WIB
Star Wars The last Jedi Sekuel - Istimewa

Bisnis.com, LOS ANGELES - Film Star Wars: The Last Jedi meraih sukses besar dari pekan pertama penayangannya di bioskop seluruh dunia dengan mendapatkan US$450 juta dari penjualan tiket mereka. Torehan tersebut mengukuhkan Star Wars sebagai salah satu kekuatan besar dalam industri perfilman dunia sampai saat ini.

Dilansir dari Reuters, film kedelapan dari seri pertama yang diproduksi oleh George Lucas pada 1977 mendapatkan sekitar US$220 juta dari penjualan tiket mereka di Amerika Serikat dan Canada. Angka tersebut membuat film ini hanya kalah dari film Star Wars: The Force Awakens tahun lalu dengan US$248 juta.

Debut film ini membawa kesuksesan lain bagi Walt Disney Co. yang membeli franchise film ini dari Lucasfilm pada 2012 dan membangkitkan kembali cerita yang belatar belakang galaksi yang benar-benar jauh dari bumi itu.

Analis media senior comScore Paul Dergarabedian mengatakan  keberhasilan Star Wars ini menunjukkan potensi film ini sebagai brand yang masih bisa dieksplorasi di masa mendatang.

"Tidak banyak merek yang bisa mempertahankan antusiasme dan relevansi seperti ini. Kesuksesan ini menunjukan tinginya potensi untuk properti lain dari Star Wars di masa depan," katanya sebagaimana dikutip dari Reuters.

Saat ini, setidaknya masih ada lima film lain yang masih dikerjakan di studio Disney, termasuk satu film tentang Han Solo muda yang rencananya akan dirilis pada Mei 2018. Setelah itu, masih ada film Star Wars: Episode IX yang akan tayang mulai Desember 2019.

Pihak Disney sejauh ini mengatakan  sejauh ini The Last Jedi merupakan film dengan jumlah penonton terbanyak ketiga dari pemutaran perdananya sepanjang masa. Hitung-hitungan ini masih belum melibatkan penayangan di China yang baru akan dimulai pada 5 Januari 2018. China sendiri merupakan pasar penonton terbesar kedua di dunia.

Presiden Distribusi Teater Global Disney Dave Hollis mengatakan tanggapan positif dari penggemar sejauh ini mengindikasikan lonjakan penjualan tiket justru baru akan terjadi ketika memasuki masa liburan akhir tahun nanti. Para penonton memberi nilai 'A' berdasarkan poling yang diadakan oleh CinemaScore.

Analis Box Office memang telah memperkirakan The Last Jedi memang tidak akan mengulang jumlah penonton minggu pertama yang sama dengan The Force Awakens tahun lalu. Kesuksesan tahun lalu terjadi karena penonton belum memiliki gambaran tentang film baru tersebut sama sekali.

Star Wars tahun lalu benar-benar menjadi sebuah film yang ditunggu-tunggu, pengemar terakhir kali menonton film tersebut sekitar 1 dekade sebelumnya. Secara keseluruhan, dari penayangannya di seluruh dunia, The Force Awakens berhasil meraup US$2 miliar.

Disney akan mengambil alih hak distiribusi atas seluruh film terdahulu Star Wars sebagai salah satu bagian dari pembelian aset bisnis film dan televisi dari Twenty-First Century Fox Inc pekan lalu yang bernilai US$52 miliar. Fox sendiri sejauh ini telah merilis enam seri awal Star Wars yang diproduksi oleh Gorge Lucas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
star wars, film hollywood

Sumber : Reuters

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top