Jakarta Tuan Rumah Konferensi Peneliti Arsitektur dan Arsitek mASEANa

esia mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah bagi pertemuan ke-4 mASEANa, pada 18-20 Januari mendatang di Jakarta.
Dika Irawan | 10 Januari 2018 16:07 WIB
Ilustrasi arsitek sedang bekerja - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah bagi pertemuan ke-4 mASEANa, pada 18-20 Januari mendatang di Jakarta.

mASEANa Project adalah sebuah inisiatif dari beberapa peneliti arsitektur/arsitek yang tergabung dalam DoCoMoMo Japan, didukung oleh DoCoMoMo International - Documentation and Conservation of Buildings, Sites, and Neighborhoods of the Modern Movement.

Pertemuan ini merupakan kelanjutan pertemuan inisiasi yang diadakan di Tokyo, Jepang pada 2015. Pertemuan kedua dilaksakan di Hanoi, Vietnam, di awal 2017. Pertemuan ketiga dilaksakan kembali di Tokyo pada pertengahan 2017.

Dalam siaran pers yang diterima, Selasa (9/1/2018), pertemuan ke-4 di Jakarta akan mengambil tajuk "modern Living in Southeast Asia". Para pembicara akan diminta untuk membahas dan memaparkan pengalaman masing-masing negara dalam hal mengembangkan sarana dan prasarana perumahan dan berbagai aspek dalam kehidupan perkotaan di pertengahan abad 20.

Mereka juga diminta untuk menyinggung hal-hal yang menunjukkan perubahan sosial budaya masyarakat dari masyarakat tradisional dan juga struktur masyarakat kolonial menuju ke sebuah masyarakat modern yang merdeka.

“Paparan ini mencari kekhususan praktek dan gagasan arsitektur (modern) yang dimanfaatkan oleh masyarakat maupun pemerintah dalam menyikapi perubahan-perubahan sosial yang terjadi.”

Insiatif ini berangkat dari kurangnya sorotan dan perhatian terhadap sejarah dan pengetahuan mengenai perkembangan arsitektur dan perkotaan di negara-negara Asia, khususnya Asia Tenggara. Sehingga cenderung diabaikan dalam melestarikan ruang-ruang perkotaan dan bangunan-bangunan yang memiliki nilai-nilai baik warisan dari abad silam.

Acara ini akan menghadirkan beberapa tokoh penting di bidang pelestarian arsitektur/ bangunan/ situs bersejarah dari abad ke-20.

Tag : arsitektur
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top