Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pendapatan Balai Lelang Karya Seni Christie Meningkat 26%

Lukisan Leonardo Da Vinci berjudul Salvator Mundi memberikan sumbangan terbesar bagi peningkatan pendapatan Balai Lelang Christie's sepanjang 2017.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 08 Februari 2018  |  13:55 WIB
Pendapatan Balai Lelang Karya Seni Christie Meningkat 26%
Lukisan berjudul Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci - christies.com

Bisnis.com, LONDON - Balai lelang Christie's di London, Inggris menyatakan transaksi benda seni yang berlangsung sepanjang 2017 meningkat 26% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dikutip dari Bloomberg, dari hasil penjualan benda seni secara global, balai lelang tersebut berhasil mengantongi US$6,6 miliar. Perolehan tersebut dinilai cukup fantastis di tengah lesunya transaksi benda seni selama 2 tahun ini.

CEO Christie's Guillaume Cerutti mengatakan, tingginya pendapatan didorong oleh peningkatan harga saham dan stabilitas politik di tingkat global. Kedua hal tersebut dinilai mampu mengembalikan keseimbangan antara pasokan dan permintaan benda seni oleh para pencinta seni rupa dunia.

Karya seni yang menyumbangkan pendapatan terbesar adalah karya berjudul Salvator Mundi yang dibuat oleh maestro Leonardo Da Vinci. Lukisan yang berusia 500 tahun itu terjual senilai US$450,3 juta di Christie's New York, Amerika Serikat pada November 2017.

Karya yang dibeli oleh manajemen Museum Louvre Abdu Dhabi ini berhasil mendongkrak penjualan untuk karya seni di kategori Old Master, hingga dua kali lipat.

Karya seni yang turut mengerek pendapatan Chistie's adalah karya Seniman Belanda Vincent van Gogh yang berjudul Laboureur dans un Champ. Karya impresionis itu terjual sebesar US$81,3 juta, disusul karya Seniman Pop Art legendaris Andy Warhol yang berjudul Sixty Last Suppers. Karya Warhol terjual senilai US$60,9 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lukisan seni rupa

Sumber : Bloomberg

Editor : Diena Lestari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top