Musisi Jason Ranti: Politikus Itu Ribet Semua

Tahun politik membuat sejumlah musisi berpijak pada dua sisi, yakni tetap menjaga jarak alias bersikap kritis dan merapat demi meraih manfaat.
Asteria Desi Kartika Sari | 19 Februari 2018 18:22 WIB
Penyanyi folk blues Jason Ranti saat tampil di panggung Gigs Stage dalam Synchronize Fest 2017 hari kedua di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/10/2017). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Tahun politik membuat sejumlah musisi berpijak pada dua sisi, yakni tetap menjaga jarak alias bersikap kritis dan merapat demi meraih manfaat.

Namun, bagi Jason Ranti, pelantun lagu Bahaya Komunis, hanya berharap hasil karyanya dapat menyenangkan masyarakat. Bahkan apabila dirangkul untuk bernyanyi depan publik untuk menarik simpatisan salah satu politikus, dia mengaku tak tertarik.

“Saya ngebayangin saja sudah ribet. Malas jadinya. Politikus itu ribet semua,” tuturnya.

Jason memiliki gaya bicara eksentrik dan lugas seperti yang tertuang dalam bait per bait lagunya. Dengan gaya satire, Jason lugas bercerita tentang kekhawatiran berlebihan sebagian orang akan bangkitnya paham komunisme.

Melalui karyanya, Jason seakan sedang meracau dengan gitar akustiknya

Terkadang, dia bernyanyi seraya berbisik-bisik, berteriak, cepat, dan lambat untuk memberikan rasa dalam lagunya.

Dia mengatakan bahwa pilihan membuat karya yang bersifat sosial politis tanpa sengaja ataupun intensi tersendiri. Dia membuat karya sesuai dengan apa yang diinginkannya. Selanjutnya, biarkan saja orang-orang yang menilai.

 

Tag : musik
Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top