Merasa Lelah Berlebih di Kantor? Ini 7 Tips Mengatasinya

Lelah setelah seharian bekerja adalah hal yang wajar. Tetapi, jika Anda merasa terlalu lelah padahal masih berada di kantor, kemungkinan ada hal yang salah dengan tubuh atau rutinitas yang dilakukan.
JIBI | 31 Maret 2018 14:29 WIB
Ilustrasi rasa lelah muncul ketika bekerja - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Lelah setelah seharian bekerja adalah hal yang wajar. Tetapi, jika Anda merasa terlalu lelah padahal masih berada di kantor, kemungkinan ada hal yang salah dengan tubuh atau rutinitas yang dilakukan. 

Tidak hanya mengganggu produktivitas kerja, rasa lelah juga bisa mempengaruhi kehidupan sosial Anda. Misalnya, janji makan malam dengan teman-teman lama terpaksa dibatalkan karena tubuh sudah terlalu capek. 

Dilansir dari Bustle dan Health, berikut adalah beberapa tips kecil yang bisa Anda terapkan untuk mencoba meningkatkan energi saat merasa lelah di kantor pada siang hari:

1. Makan siang dengan lemak sehat
Seorang dokter praktisi fungsional, Will Cole, menyarankan agar Anda mendapatkan cukup banyak lemak sehat sepanjang hari.

"Karena hampir 60% dari otak terdiri dari lemak, jadi masuk akal jika memberi asupan lemak untuk otak,” ungkapnya.

Tidak seperti gula, lemak memiliki sifat yang lambat dalam proses pencernaan dan juga tahan lama. Beberapa sumber lemak sehat adalah ikan, kelapa, atau alpukat.

Anda juga sebaiknya selalu menyediakan makanan ringan seperti kacang, yogurt, atau bahkan cokelat hitam yang setidaknya mengandung 70% kandungan kakao. Asupan lemak sehat yang baik untuk otak akan mencegah energi menurun sepanjang hari. 

2. Minum air es
Bila tidak lapar, Anda dapat mencoba meminum air es. Mengapa? Karena ketika tubuh Anda menerima perubahan suhu pada tubuh, akan terjadi sentakan dan keterkejutan pada tubuh. Hal ini akan membuat tubuh dalam posisi waspada.

Dehidrasi juga bisa membuat tubuh mengalami kelelahan. Maka, minum air dapat membantu meningkatkan energi Anda.

3. Istirahat sejenak
Selain mengistirahatkan fisik, cobalah untuk mengistirahatkan mental dengan cara yang paling produktif menurut Anda. Jangan coba untuk terlalu memforsir tenaga Anda.

Menurut seorang dokter dan penulis bersertifikat, Shilpi Agarwal, ketika Anda mencoba untuk melawan kelelahan, produktivitas justru akan hilang dan akhirnya malah akan merasa memiliki lebih banyak masalah. Atur alarm selama 5-10 menit dan tenangkan kepala.

Menonton video yang lucu bisa menjadi alternatif beristirahat. 

4. Bersosialisasi
Saat rasa lelah menghampiri, mungkin bersosialisasi adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Namun, menurut Agarwal, membicarakan kelelahan yang dialami justru dapat membantu mengurangi rasa lelah yang ada.

"Mengobrollah dengan rekan kerja. Interaksi sosial akan membuat Anda beranjak dari meja dan membantu meningkatkan energi," paparnya.

5. Konsumsi adaptogen
Adaptogen merupakan tanaman herbal yang dapat membantu meningkatkan energi tubuh, bereaksi terhadap stres, hormon, dan juga sistem kekebalan tubuh. Meski belum banyak studi ilmiah yang dilakukan terkait tanaman ini, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap peningkatan energi tubuh.

"Anda dapat bereksperimen dengan menambahkan adaptogen seperti rhodiola, kemangi suci, dan ginseng pada teh atau air. Obat-obatan tumbuhan alami ini memiliki efek penyeimbang pada kortisol (hormon untuk meningkatkan kadar gula darah dan metabolisme tubuh)," kata Cole.

6. Berjalan-jalanlah
Berjalan-jalan atau sekadar beranjak dari kursi cukup efektif membantu mengatasi kelelahan. Dorongan energi akan datang dari perubahan posisi tubuh, yang juga meningkatkan detak jantung.

Dengan meningkatnya detak jantung, kelelahan akan berkurang. Selain itu, Cole menambahkan bahwa dengan berjalan akan melepaskan endorfin yang memberi Anda dorongan energi untuk merasa lebih baik.

Sumber : Tempo.co

Tag : kesehatan
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top