Ini Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka bukan hanya manis rasanya dan juga menyegarkan tubuh bagi pemakannya
| 31 Maret 2018 18:13 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Buah semangka bukan hanya manis rasanya dan juga menyegarkan tubuh bagi pemakannya.

Namun, buah yang banyak mengandung air ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari rambut hingga jantung, kata ahli gizi.

Berikut sejumlah manfaat semangka seperti dipaparkan ahli diet Apoorva Saini dari Santoshiarogyam Diet E Clinic dan Dr Priyanka Rohatgi, konsultan senior sekaligus ahli gizi dari Rumah Sakit Apollo di India:

Menjaga kulit dan rambut sehat

Semangka kaya kandungan vitamin A dan tingkat Beta-Karoten, yang membuatnya baik untuk kulit dan rambut. Selain itu, buah ini memiliki kadar lycopene yang tinggi, sehingga memiliki sifat anti-penuaan.

Bantu mencegah kanker

Lycopene adalah fitonutrien dan karenanya kaya kandungan antioksidan, sehingga bisa membantu mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lycopene mengurangi risiko kanker dengan menurunkan insulin, protein yang terlibat dalam pembelahan sel.

Menjaga tubuh terhidrasi

Kompoisis semangka adalah 92 persen air, yang pada gilirannya membantu Anda untuk tetap terhidrasi. Jumlah komposisi air yang baik dikombinasikan dengan serat akan membantu Anda merasa kenyang.

Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu pembunuh terbesar dan mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah dapat membantu menurunkan penyakit jantung. Lycopene membantu menurunkan keduanya dan juga mencegah kerusakan oksidatif akibat kolesterol.

Menjaga tekanan darah normal saat berolahraga

Citrulline, asam amino dalam semangka menghasilkan oksida nitrat yang membantu dalam memperluas pembuluh darah.

Dengan begitu, tekanan darah tidak akan meningkat tiba-tiba dan alirannya bertahan normal. Dengan demikian, jus semangka bisa menjadi pilihan bijak saat berolahraga.

Bagus untuk wanita pasca- menopause

Lycopene membantu mengurangi kekakuan dan ketebalan dinding arteri pada wanita pasca-menopause. Demikian Indian Express.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
buah

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top