Fashion

Meningkatkan Kemampuan Kegiatan Luar Ruang Wanita dalam Woman Adventure Camp

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 27 April 2018 - 11:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - EIGER menggelar Women Adventure Camp (WAC) 2018 di Kawasan Gunung Ungaran pada tanggal 20-22 April 2018.

WAC bertujuan untuk memberi alternatif kegiatan luar ruang berbasis pendidikan untuk para wanita agar memiliki pengetahuan berkegiatan luar ruang yang memadai.

Sebanyak 80 wanita turut serta dalam kegiatan ini berasal dari latar belakang yang berbeda-berbeda. Selain berkemah dan pendakian di kawasan Gunung Ungaran, para peserta juga diberikan bekal berupa pengetahuan perencanaan, kesehatan, keselamatan perjalanan dari narasumber yang kompeten.

EIGER Adventure Service Team (EAST), menggelar Women Adventure Camp (WAC) 2018 yang ditujukan kepada para wanita yang mencintai kegiatan luar ruang.

EIGER juga sekaligus merilis produk baru sepatu hiking Walton Mid Cut Woman Series dalam acara itu.

“Aktivitas luar ruang yang dilakukan kaum perempuan semakin meningkat di mana-mana. Acara ini memberikan alternatif kegiatan berbasis pendidikan, atau adventure-based education kepada mereka agar aman dan nyaman dalam berkegiatan,” jelas Galih Donikara, selaku Ketua EIGER Adventure Service Team (EAST) dalam siaran persnya.

Pemilihan Gunung Ungaran juga karena sesuai dengan muatan materi yang diberikan kepada para peserta. Selain lokasinya mudah dicapai, kawasan Gunung Ungaran juga dikelola dengan sangat baik. “Fasilitasnya sangat lengkap untuk belajar dan berlatih. Mulai dari camping ground-nya, jalurnya, sampai dengan suasana puncaknya,” tambah Galih Donikara.

Para peserta yang memulai kegiatan dari meeting point di EIGER Adventure Store Tembalang, Kota Semarang, berangkat bersama-sama menuju basecamp Mawar di Gunung Ungaran dengan memakai kendaraan yang sudah disediakan panitia pada hari Jumat (20/4). Di sana para peserta mendapat informasi seputar produk terbaru EIGER Woman Series, salah satunya adalah Walton Mid Cut Hiking Shoes yang dirilis pada hari itu.

Pendakian menuju puncak Gunung Ungaran digelar Sabtu (21/4). Jalur pendakian yang dilalui para peserta terbilang lengkap mulai dari perkebunan, hutan dan bebatuan. Terbagi dalam 3 pos, jalur pendakian merupakan jalan yang landai dan rindang. Hanya dari pos 3 menuju puncak yang cukup terjal dengan bebauan lumut, serta tanah padat yang licin.

Pada hari terakhir, Minggu (22/4), para peserta mengikuti upacara peringatan Hari Kartini di pagi hari, dan diajak menanam pohon di Area Tanam Gunung Ungaran sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Di sela-sela kegiatan selama tiga hari itu, para peserta juga mendapat aneka pembekalan berupa materi Kesehatan Perjalanan (dibawakan oleh dr. Darmawaty Ayu I.,M.Si.Med dari Maladica FK Undip), Perencanaan Perjalanan (dibawakan oleh Abex), Persiapan Ekspedisi (oleh Jessica Katharina), Inspirasi & Motivasi Ekspedisi dengan tema 7 Puncak 2 Kutub 7 Pilar Edukasi (oleh Putri Handayani), Zero Waste “Mendaki Gunung tanpa Sampah” (oleh Siska Nirmala), dan Jurnalistik Alam Terbuka (oleh Marti Karina P.S dari National Geographic Indonesia).

“Harapan kami lewat kegiatan ini, para peserta dapat berkembang menjadi perempuan yang mandiri dalam berkegiatan di luar ruang karena mendapat bekal berupa ilmu dan pertemanan dari event WAC ini. Tidak hanya untuk dirinya, tapi juga buat sesama dan lingkungan,” tutup Kang Galih.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro