Pangeran Harry dan Meghan Markle mengunjungi museum maritim Titanic Belfast, di Belfast Irlandia Utara./Reuters
Entertainment

ROYAL WEDDING: Termahal, Ini Biaya Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

JIBI
Sabtu, 19 Mei 2018 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle dijadwalkan berlangsung pada siang hari ini, Sabtu (19/5/2018), waktu setempat di kapel Saint George’s Chapel, Istana Windsor, London, Inggris.

Publik kerap membanding-bandingkan biaya pernikahan Pangeran Harry dengan sang kakak, Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011 silam. Perusahaan perencana pernikahan Bridebook memprediksikan total jumlah biaya yang akan dihabiskan kedua sejoli itu untuk pernikahannya hari ini mencapai 32 juta pound sterling atau sekitar Rp607,1 miliar dengan kurs Rp 19.061 per pound sterling.

Biaya itu termasuk bunga, katering, hiburan, dan tentunya gaun pernikahan yang akan dikenakan Meghan Markle.

ROYAL WEDDING: Termahal, Ini Biaya Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

10 Pernikahan Termahal

Dilansir dari situs The Sun pada Sabtu (19/5/2018), Bridebook juga menyebut pernikahan keduanya termasuk ke dalam sepuluh pernikahan termahal sepanjang masa. Pernikahan Pangeran Harry - Meghan Markle bahkan menelan biaya lebih mahal dibandingkan pernikahan Pangeran William – Kate Middleton yang diduga menghabiskan 20 juta pound sterling atau setara dengan Rp 379,46 miliar.

Para ahli dari Bridebook mengatakan bahwa biaya pernikahan sebagian besar akan habis untuk pengamanan. Perkiraan ini mengacu pada informasi bahwa Istana Windsor akan ditutup pada hari pernikahan tersebut.

Istana Windsor akan diberi pengamanan super ketat oleh sejumlah polisi yang luar biasa banyak untuk menertibkan massa dan menjaga sederetan toko serta restoran di sekitarnya.

ROYAL WEDDING: Termahal, Ini Biaya Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pengamanan

Pengamanan ekstra termasuk penembak runduk (sniper), polisi dalam penyamaran, dan sejumlah teknologi militer seperti sistem anti drone. Total pengamanan tersebut, menurut Bridebook, menghabiskan biaya hingga 30 juta pound sterling atau setara dengan Rp 569,19 miliar.

Pengamanan itu diperkirakan jauh lebih ketat dibandingkan dengan pernikahan Pangeran William – Kate Middleton yang terbilang lebih besar. Hal itu disebabkan oleh tingginya ancaman teroris belakangan ini.

Bridebook kemudian merincikan prediksi pengeluaran lainnya dalam pernikahan Pangeran Harry - Meghan Markle. Kerajaan merogoh kocek hingga 300 – 400 ribu pound sterling untuk gaun pernikahan Meghan Markle. Biaya yang sama juga dikeluarkan untuk rumah kaca sebagai venue pernikahan.

Sementara, sebanyak 20 terompet berlapis perak yang akan mengumumkan pernikahan Pangeran Harry - Meghan Markle menghabiskan 90 ribu pound sterling. Untuk kue pernikahan, yaitu kue lemon dari Violet Bakery, kerajaan Inggris merogoh kocek hingga 50 ribu pound sterling.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro