Resolusi Ubah Hidup untuk Tingkatkan Kualitas Hubungan Pasangan

Ikatan hubungan dengan pasangan itu penting dan harus berkualitas, serta semakin menguat setiap tahun. Akan tetapi, untuk mempertahankan hubungan kuat dan berkualitas itu tidak selalu berjalan mulus alias seringkali terjadi pasang dan surut atau up and down.
Bambang Supriyanto | 06 Juni 2018 20:07 WIB
Ilustrasi Kualitas Hubungan Suami Istri - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan hubungan dengan pasangan itu penting dan harus berkualitas, serta semakin menguat setiap tahun.

Akan tetapi, untuk mempertahankan hubungan kuat dan berkualitas itu tidak selalu berjalan mulus alias seringkali terjadi pasang dan surut atau up and down.

Elizabeth Santosa, Psikolog & Relationship Expert, mengungkapkan bahwa keinginan untuk meningkatkan kualitas relationship itu penting untuk dimiliki setiap orang. Hal itu karena akan membuat ikatan hubungan dengan pasangan semakin kuat.

“Dalam social penetration theory terungkap bahwa meskipun hubungan seseorang berkembang menjadi lebih intim tetapi akan tetap mengalami up and down,” ujarnya.

Dengan demikian, perlu bagi setiap pasangan untuk melakukan evaluasi hubungan percintaan mereka.

Relationship expert dari Kondom Fiesta tersebut mengungkapkan, ada enam hal yang perlu dilakukan untuk membuat love life menjadi lebih sehat, berwarna, dan bahagia di sepanjang tahun ini.

Pertama, heart to heart communication. Ketika kamu belajar untuk berbicara dari hati ke hati dengan pasangan, kamu akan mengembangkan hubungan yang lebih dalam, serta membuat kalian saling mempercayai satu sama lain. Berkomunikasi dari hati ke hati akan membuat percakapan terasa lebih menyenangkan, dan mengembangkan hubungan menjadi lebih baik dan dekat.

Kedua, less is better. Less demanding more understanding. Less talking more listening. Ada baiknya agar kamu berkomitmen untuk tidak menjadi pribadi yang egois dan memperbanyak usaha untuk lebih mengalah dengan pasangan. Mengurangi tuntutan kepada pasangan dan memberikan lebih banyak waktu untuk pasangan.

Ketiga, put yourself in your partner shoes. Hubungan yang berlandaskan empati saling mengerti dan memahami pasangan, memiliki berbagai manfaat antara lain dapat menjembatani perbedaan sehingga mengurangi terjadinya pertikaian dengan pasangan, dapat memberikan perhatian pasangan secara lebih, membawa aura positif kepada hidup kamu dan pasangan, serta melatih jiwa kesabaran kamu.

Keempat, eat good do good. Kualitas cinta kamu tidak akan tercapai apabila kamu tidak memenuhi pola hidup mendasar, yaitu menjaga pola makan secara teratur. Untuk urusan percintaan, kamu bisa memperbanyak konsumsi afrodisiak, seperti buah anggur atau strawberry. Afrodisiak dapat membangkitkan gairahmu dengan pasangan, sehingga akan membuat kehidupan percintaanmu semakin bergairah.

Kelima, getting better shapes & fitness. Memiliki tubuh dan pikiran yang sehat adalah salah satu hal yang akan menunjang kualitas hubunganmu. Jadi, tidak ada salahnya untuk sesekali mengajak pasangan melakukan olah raga bersama, seperti tenis atau squash atau yoga untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan.

Keenam, improve your safety & pleasure commitment. Ketika berbicara tentang relationship, kualitas hubungan seksual menjadi salah satu kunci utama. Untuk itu, tingkatkan kualitas keharmonisan seksual kamu dengan menggunakan kondom beraroma afrodisiak seperti anggur, strawberry atau bubble gum untuk membuat momen intimasi kamu semakin menyenangkan. Atau bahkan, kamu bisa mencoba sesi bercinta yang playful dengan menggunakan kondom neon atau extreme.

Meskipun bercinta menggunakan kondom terbukti 10.000 kali lebih aman dari tertular infeksi virus HIV, tetapi masih banyak pria enggan memakainya karena rendahnya self-perceived risk. Bisa juga mereka menganggap bahwa dirinya tidak akan terkena Infeksi Menular Seksual (IMS), karena merasa kondom dapat mengurangi sensasi dan kenikmatan.

"Hampir semua pria mendefinisikan sexual satisfaction adalah pada saat mereka berhasil mendominasi aktivitas seksual di ranjang,” ujar Pierre Frederick, Deputy GM Consumer Healthcare DKT International.

Padahal, sambungnya, riset menyebutkan bahwa rata-rata pria bertahan hanya sekitar 6 menit ketika bercinta. Sebaliknya, wanita menginginkan durasi intimacy yang bertahan dua kali lebih lama, yaitu 13 menit.

Di samping itu, 75% pria selalu bisa mendapat kepuasan orgasme pada saat berhubungan, sedangkan hanya 30% wanita yang memperoleh kepuasan orgasme tersebut.

Menjawab permasalahan tersebut, DKT International meluncurkan telah meluncrukan Suprems Premium Condoms dengan kualitas lateks terbaik yang dipersiapkan secara khusus untuk memaksimalkan sensasi bercinta.

“Riset Supreme mengungkap bahwa pria yang matang, lebih mencari kualitas dalam hubungan seksual dibandingkan dengan kuantitas. Untuk itu, Supreme Premium Condoms hadir di Indonesia dan didesain secara eksklusif untuk memenuhi kebutuhan gentleman akan kualitas bercinta yang maksimal,” ungkap Pierre.

Menurut psikolog & sexpert Elizabeth Santosa, terdapat tiga kriteria agar seorang pria dapat disebut sebagai gentleman, yaitu it's about the way they behave, atau memiliki good manners, look, atau berpenampilan baik. Terakhir, it's about the way they pleasure (his partner), karena seorang gentleman adalah mereka yang mampu membuat wanita merasa spesial dan berharga, termasuk dalam urusan bercinta.

"Selain itu, gentleman always has their own secret, yaitu kehidupan yang berenergi dan bergairah dimanapun dan kapanpun mereka berada. Termasuk ketika berada di atas ranjang. Bahkan, seorang gentleman harus mampu menjadi Master in Bed,” ujar Lizzy.

Ubah Hidup

Kasus Infeksi Menular Seksual (IMS) di Indonesia cenderung meningkat dari tahun ke tahun, dan sebagian besar berada pada kelompok usia produktif yang akan berdampak negatif terhadap produktivitas kerja.

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) di Indonesia, IMS adalah jenis infeksi yang paling banyak ditemukan di Indonesia.

Untuk itu, sambungnya, sosialisasi #UbahHidupLo yang diselenggarakan oleh Kondom Sutra sejak 2017 lalu dilakukan di berbagai pelabuhan seluruh Indonesia. Kali ini kembali menyasar masyarakat sebagai upaya untuk mencegah IMS di Indonesia.

Salah satu materi sosialisasi yang diajarkan pada penyuluhan #UbahHidupLo yang telah dilakukan di di berbagai wilayah kerja di Indonesia, seperti Angkasa Pura II, PT Pardic Chemical Tangerang, PT Eka Mas Fortuna Malang, dan beberapa pabrik lain yang ada di Indonesia.

Sosialisasi tersebut menggunakan metode pencegahan IMS dengan menggunakan rumus TTM, yakni Tahan Diri dengan tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah, tetap setia dengan pasangan Anda, dan main aman atau selalu menggunakan kondom pada saat melakukan hubungan seksual berisiko.

Daniel Tirta, Brand Manager Kondom Sutra, mengungkapkan bahwa kondom sebagai alat kontrasepsi sudah tidak diragukan lagi mempunyai kegunaan dua fungsi utama, yakni mencegah IMS dan HIV, serta sebagai alat kontrasepsi untuk keluarga berencana.

“Penggunaan kondom secara konsisten sangat efektif untuk mencegah IMS dan HIV, serta mengatur jarak dan perencanaan kehamilan."

Selain itu, kelebihan kondom lainnya, yakni mudah didapat di toko obat, apotik, dan swalayan. Terjangkau. Aman karena karena kondom terbuat dari bahan lateks atau karet yang tidak dapat ditembus oleh virus penyebab IMS termasuk HIV.

“Mudah digunakan. Tidak mengganggu kesuburan dan tidak memiliki efek hormonal, dan banyak variasi jenis, aroma, bentuk sehingga semakin menambah keharmonisan hubungan dengan pasangan. Selain itu tidak perlu konsultasi ke praktik dokter atau klinik sebelum penggunaan.”

 

Tag : kesehatan, pasangan suami istri
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top