Apa Saja Penyebab Kuku Kuning?

Kuku jari kaki Anda tiba-tiba terlihat kuning? Kondisi ini tidak mungkin terjadi tiba-tiba. Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Juni 2018  |  09:43 WIB
Apa Saja Penyebab Kuku Kuning?
Kuku kaki yang menguning. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kuku jari kaki Anda tiba-tiba terlihat kuning? Bisa jadi kuku Anda terserang infeksi jamur.

Kondisi ini tidak mungkin terjadi tiba-tiba. Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab.

Dilansir dari Antara, Selasa (12/6/2018), jika kuku kaki bersentuhan dengan jamur yang berbahaya, maka dapat terjadi infeksi yang disebut sebagai onikomikosis. Kondisi ini dapat mempengaruhi bagian kuku kaki manapun dan membuatnya terlihat kuning.

Infeksi yang sudah parah juga dapat menyulitkan seseorang untuk berjalan.

Selain karena jamur, kuku juga bisa menguning karena terkena sindrom kuku kuning. Kondisi ini terbilang jarang terjad dan termasuk kondisi kesehatan yang lebih berat dibandingkan karena jamur.

Kuku bisa tumbuh lebih lambat, tidak memiliki kutikula, dan mudah rusak, Sindrom tersebut juga dapat berpengaruh ke pernapasan dan menimbulkan pembengkakakn pada ekstremitas bawah.

Penyebabnya masih belum diketahui, tapi lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun.

Penggunaan cat kuku yang berlebihan juga dapat menimbulkan perubahan warna pada kuku kaki. Secara khusus, menggunakan cat kuku berwarna merah, kuning, atau oranye ternyata bisa menyebabkan kuku kaki terlihat kuning.

Kuku kaki yang kuning juga dapat menunjukkan gejala berbagai kondisi medis, seperti psoriasis, tuberkulosis, kondisi tiroid, diabetes, sinusitis, dan penyakit kuning.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Sumber : Antara

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top