Anies Promosikan Musik Khas Tanah Air Kepada Duta Besar

Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar acara Panggung Musik Nusantara Road to Indonesia Music Expo (IMEX) dengan menampilkan beragam kesenian dalam budaya musik Tanah Air.
Regi Yanuar Widhia Dinnata
Regi Yanuar Widhia Dinnata - Bisnis.com 15 Juli 2018  |  03:20 WIB
Anies Promosikan Musik Khas Tanah Air Kepada Duta Besar
Musisi membawakan lagu dalam acara Panggung Musik Nusantara IMEX. - Istimewa/Humas Pemprov DKI

Bisnis.com, JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar acara Panggung Musik Nusantara Road to Indonesia Music Expo (IMEX) dengan menampilkan beragam kesenian dalam budaya musik Tanah Air.

Acara tersebut mengambil tempat di Pendopo Balaikota, Jakarta Pusat pada Sabtu malam (14/7/2018). Panggung Musik Nusantara IMEX ini dihadiri oleh Duta Besar Turki, Duta Besar Arab Saudi, Duta Besar Mesir, dan Duta Besar Venezuela.

Selain itu, turut hadir juga sejumlah perwakilan dari Kedutaan Besar Singapura, Qatar, Malaysia, Vietnam, dan Ukraina.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan acara ini merupakan gelaran manifestasi seluruh ragam budaya musik etnik Nusantara dalam satu panggung. Penampilan para musisi asli Indonesia berskala internasional ini tersaji secara apik dan penuh kreasi.

Anies berharap setelah gelaran tersebut dapat terbangun jaringan atau kerja sama dari berbagai pihak dan negara-negara sahabat, utamanya dalam mempromosikan budaya musik Nusantara. Selain itu, pagelaran ini bisa dijadikan ajang untuk bertukar pengalaman dan keterampilan.

“Kami percaya bahwa setelah pertunjukan ini kita dapat mempromosikannya, membuat orang tahu tentang mereka. Ekspresi musik di balik itu, ada ide, yang mengakumulasi pengetahuan dan pengalaman orang-orang di Indonesia,” kata Anies dalam siaran pers, Sabtu (14/7/2018).

Dia menjelaskan keragaman budaya musik Nusantara ini merupakan identitas bangsa sehingga harus terus dilestarikan dan dipromosikan. Oleh karena itu, Pemprov DKI turut mendukung dan memperkenalkannya kepada negara-negara lain melalui perwakilannya di Jakarta.

“Malam ini adalah kali kedua kami menyelenggarakan Panggung Musik Nusantara. Indonesia seperti yang kita semua tahu, memiliki bahasa internal lebih dari sebanyak 700 kelompok etnik dan musik etnik lokal yang jumlahnya tidak terbatas. Banyak dari musisi ini telah mencapai level kelas dunia. Sayangnya, mereka hanya diketahui oleh kalangan tertentu. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta mempromosikan musisi ini dan juga karya mereka kepada para hadirin dari berbagai negara,” ungkap Gubernur DKI.

Gelaran Panggung Musik Nusantara IMEX kali ini dimeriahkan oleh Ayu Laksmi (Bali), INO Ensemble (Jakarta), dan Dwiki Dharmawan (Jakarta). Sedangkan, gelaran pertama, berlangsung pada 30 Juni 2018 lalu yang dimeriahkan oleh Rafli kande (Aceh), Sambasunda (Bandung), serta Dira Sugandi dan Sri Hanuraga Trio (Jakarta).

Menurutnya, dengan penampilan ketiga musisi dan grup pada acara showcase IMEX ini dapat terlihat jelas potensi musik Indonesia dapat bersaing dengan musisi kelas dunia lain. Kendati demikian, di masa yang akan datang para musisi ini harus berjuang lebih keras untuk bisa bersaing dengan musisi dari negara-negara lain di panggung musik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
musik

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top