Ini Cara Mengajari Anak Pakai Teknologi dengan Bijaksana

Perangkat digital dan akses internet telah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak masa kini.
Yanita Petriella | 23 Juli 2018 11:06 WIB
Anak main gadget - lifehacker

Bisnis.com, JAKARTA - Perangkat digital dan akses internet telah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak masa kini.

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia, mengatakan sebagai perusahaan teknologi penting bahwa Shopee juga berperan dalam membantu menciptakan lingkungan digital yang baik bagi pengguna.

"Kami berharap kami dapat menginspirasi para orang tua untuk mengajari anak-anak cara menggunakan teknologi digital secara bijaksana sejak usia dini, dan juga membentuk anak-anak Indonesia menjadi generasi cerdas digital," ujarnya dalam siaran pers.

Meskipun teknologi digital dapat digunakan untuk membantu anak-anak belajar dan berkembang, penting bagi orang tua untuk memantau jenis informasi apa yang dapat diakses, dan seberapa sering anak-anak menggunakan gadget mereka.

"Sebagai orang tua, kita perlu bersikap sensitif dan responsif, khususnya terkait aktivitas dan interaksi di dunia digital serta memahami tantangan dan hambatan kami sebagai orang tua. Kami perlu membekali anak keterampilan dalam dunia digital dengan memberdayakan, bukan mengontrol, serta mencontohkan, bukan menasihatkan sehingga dapat bertanggung jawab ketika berinteraksi di dunia digital,” katanya.

Dia mengungkapkan beberapa tips untuk dapat mengasuh anak di dunia digital dengan baik yakni memberdayakan anak dimana bukan sekadar melarang atau mengsensor materi digital tetapi juga membekali anak dengan keterampilan untuk dapat memilah dan memilih konten serta aktivitas di dunia digital yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Lalu memahami tantangan dan hambatan sebagai orangtua karena tantangan terbesar yakni tidak menjadikan pendampingan anak di dunia digital sebagai prioritas atau menganggap anak akan paham dengan sendirinya.

"Hindari berlindung dari keadaan bahwa diri kita gaptek sehingga tidak perlu belajar lebih jauh mengenai dunia digital," ucapnya.

Lalu komunikasi efektif dengan memastikan cara berkomunikasi orangtua pada anak mencapai tujuannya yaitu memenuhi kebutuhan anak dan sesuai dengan dengan tujuan pengasuhan.

"Pastikan sikap dan ucapan kita memberikan dampak positif, bukan sebaliknya," ucapnya.

Selain itu, membuat kesepakatan bersama akan penggunaan teknologi yang disepakati bersama anak dan konsisten dalam menjalankannya.

"Penting bagi orang tua untuk turut melibatkan anak dalam membuat kesepakatan, dengan demikian anak merasa pendapatnya dihargai dan dianggap penting sehingga dapat menerapkannya dengan tepat," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
parenting

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top