Diet/boldsky.com
Health

Tips Membatasi Kalori Agar Tubuh Lebih Ideal

Eva Rianti
Rabu, 25 Juli 2018 - 11:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki berat badan yang berlebihan merupakan salah satu masalah yang kerap menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk menciptakan tubuh yang ideal memang perlu adanya pengaturan asupan makanan yang baik, terutama dalam mengonsumsi makanan berkalori.

Ahli nutrisi Jocelyn Halim memberikan tips untuk membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Pertama, minum 1 gelas air 15 menit sebelum sarapan. Kadangkala kita tidak menyadari bahwa kesuksesan diet berasal dari hal yang sederhana semisal mengonsumsi air putih dengan baik.

Meminum air putih sekitar 15 menit sebelum makan akan membantu menurunkan berat badan sekaligus juga membersihkan ginjal dan saluran kandung kemih sehingga aliran darah akan lebih lancar, bersih, dan tubuh pun menjadi lebih sehat.

Kedua, makan buah sebelum makan makanan yang lainnya dan konsumsi banyak sayur. Banyak mengonsumsi sayuran dan cukup buah-buahan merupakan salah satu poin dalam Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia/ World Health Organization (WHO) mengampanyekan hidup sehat dengan mengonsumsi minimal 400 gram buah dan sayuran setiap hari.
Buah-buahan mengandung serat makanan yang sangat baik yang membantu mempertahankan usus yang sehat, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan lain serta mengurangi risiko kanker usus.

Adapun, makan buah-buahan sekitar 20—30 menit sebelum makan nasi dapat membantu mengurangi berat badan karena membuat kita merasa lebih kenyang.
“Kemudian ketiga, tentukan bahwa paling sedikit setengah piring makan penuh dengan sayuran,” ujar Joeclyn.

Sementara yang keempat, makan dengan piring yang kecil dari biasanya. Maksudnya, dalam kondisi program diet, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan sebanyak porsi biasanya. Dengan menggunakan piring yang lebih kecil, secara otomatis akan mengurangi porsi makanan.

Di samping itu, Joeclyn menambahkan bahwa ada beberapa makanan yang baik untuk dihindari agar tidak menggagalkan program diet rendah kalori.
“Hindari gorengan karena kalorinya bisa tiga kali lipat dibandingkan dengan makanan yang dibakar. Dan juga hindari minuman yang tinggi gula seperti soda,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro