Asupan Nutrisi yang Cukup Bekal Masa Depan Anak

Setiap anak memiliki kesempatan serta potensi untuk berkembang. Salah satu langkah penting yang patut dilakukan oleh orang tua adalah memahami kebutuhan nutrisi anak untuk mengoptimalkan tahapan dan aspek tumbuh kembang sesuai dengan usianya, serta rutin mengasah potensi yang dimilikinya.
Mia Chitra Dinisari | 28 Juli 2018 19:05 WIB

Bisnis.com,  JAKARTA - Setiap anak memiliki kesempatan serta potensi untuk berkembang. Salah satu langkah penting yang patut dilakukan oleh orang tua adalah memahami kebutuhan nutrisi anak untuk mengoptimalkan tahapan dan aspek tumbuh kembang sesuai dengan usianya, serta rutin mengasah potensi yang dimilikinya.

Pemenuhan nutrisi dan stimulasi dapat mendukung anak memiliki masa depan yang lebih baik dan membangun generasi yang lebih maju.

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., seorang Psikolog Anak dan Keluarga dan dewan juri pada Festival Sahabat Generasi Maju yang digelar SGM mengatakan, orang tua harus tetap menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu dengan yang lain agar ia dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal, yaitu dari aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa & sosial.

Hal ini, menurutnya, diperlukan karena 5 Potensi Anak Generasi Maju tidak tumbuh instan, namun perlu dikembangkan sejak dini.

Pemenuhan nutrisi yang tepat untuk usia dan kebutuhan si kecil adalah hal penting agar bisa mengasah potensi prestasinya dengan optimal. Dokter Gizi Klinis, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK mengatakan, selain harus memperhatikan asupan zat gizi yang dibutuhkan si kecil dalam jumlah besar atau makronutrien seperti karbohidrat, protein atau lemak, orang tua juga harus memperhatikan kebutuhan mikronutrien atau zat gizi mikro seperti beragam jenis vitamin, dan mineral.

"Selain itu, anak di atas 1 tahun juga membutuhkan pangan fungsional lain seperti serat dan probiotik.” ujarnya.

Selanjutnya, dr. Nurul menambahkan, agar anak dapat tumbuh menjadi cerdas kreatif, dibutuhkan Omega 3, Omega 6, serta zat besi. Selain itu, fosfor, seng, yodium, kalsium dan Vitamin D dibutuhkan agar anak dapat tumbuh tinggi, kuat dan memiliki gigi yang sehat. Pencapaian imunitas optimal dapat didukung dengan asupan Vitamin A, C, dan E, Seng dan zat besi. Untuk mendukung pencernaan sehat, anak juga membutuhkan prebiotik dan probiotik.

Alyssa Soebandono, Selebriti dan Ibu dengan dua orang anak mengatakan sebagai Ibu, memastikan anak-anak saya memiliki tumbuh kembang optimal adalah prioritas utamanya. "Sebelum itu, memastikan anak-anak saya tumbuh sehat juga penting. Oleh karena itu, saya selalu memperhatikan asupan nutrisi anak saya melalui makanan bergizi seimbang, dilengkapi minum air putih dan aktivitas fisik yang cukup agar ia dapat tumbuh menjadi anak generasi maju dan memiliki masa depan yang lebih baik.” ujarnya. 

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, mengatakan, hari Anak Nasional 2018 menjadi momen yang tepat bagi kami untuk merayakan 5 Potensi Prestasi anak Indonesia agar bisa menjadi Anak Generasi Maju.

"SGM Eksplor akan memberikan beasiswa pendidikan senilai Rp1 Miliar bagi 25 pemenang, sekaligus memperkenalkan inovasi lengkap SGM Eksplor dengan Complinutri untuk mendukung asupan nutrisi si kecil.” katanya dalam Melalui Grand Final Festival Sahabat Generasi Maju hari ini, 

Festival Sahabat Generasi Maju yang dikutip dari siaran persnya.

Acara ini mengajak orang tua untuk menunjukkan dan menceritakan potensi prestasi yang dimiliki oleh si Kecil melalui media sosial Facebook yang telah berlangsung mulai dari 19 April hingga 8 Juli 2018. Setelah melaksanakan kegiatan edukasi dan stimulasi 5 Potensi Prestasi seperti lomba mewarnai, kegiatan olahraga, serta permainan edukatif lainnya di beberapa kota besar yaitu Yogyakarta, Surabaya, Medan & Bandung. SGM Eksplor juga bekerja sama dengan 100 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia dalam bentuk edukasi nutrisi.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
nutrisi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top