Menteri Kesehatan Nila Moeloek/JIBI-Annisa Sulistyo Rini
Health

Kemenkes Siapkan Dukungan Lengkap untuk Asian Games 2018

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Rabu, 8 Agustus 2018 - 09:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan menyiapkan dukungan penuh pada penyelenggaraan Asian Games 2018.

Terdapat empat bidang utama dukungan kesehatan terhadap Asian Games 2018. yaitu bidang kesehatan lingkungan dan surveilans, bidang layanan kesehatan dan gawat darurat, bidang keamanan pangan, bidang komunikasi dan penyebaran informasi.

Demikian pernyataan Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes RI Untung Suseno Sutarjo saat memimpin Apel Siaga Bidang Kesehatan Asian Games 2018 di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2018) pagi.

"Peran layanan kesehatan yang optimal pada major event sangat penting, karena ketidakoptimalan layanan kesehatan dapat menyebabkan kecacatan dan kematian yang pada akhirnya dapat memberikan dampak buruk bagi citra negara", tutur Menkes Nila dalam sambutannya.

Kemenkes selaku penanggungjawab bidang pelayanan kesehatan sesuai Inpres Nomor 2 tahun 2016 tentang Dukungan Penyelenggaraan Asian Games XVIII telah melakukan berbagai kesiapan.

  • Pertama, pengawasan dan pemantauan kesehatan lingkungan di wisma atlet dan venue
  • Kedua, pemenuhan tenaga kesehatan untuk ditempatkan di sekitar area pertandingan berupa medical station, medical center maupun di poliklinik.
  • Ketiga, penyiapan ambulans
  • Keempat, penyiapan rumah sakit rujukan
  • Kelima pelatihan Higiene Sanitasi Pangan bagi penanggung jawab dan penjamah pangan catering serta Total Productive Maintanance (TPM) sekitar wisma atlet dan venue. 

Penjamah makanan adalah orang yang secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan makanan dan peralatannya sejak dari tahap
persiapan, pembersihan, pengolahan, pengangkutan sampai penyajian.

Selain itu, kesiapan Kemenkes juga didukung  kerja keras tim pelaksana lapangan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Rumah Sakit Rujukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro