1.805 Petugas Kesehatan Dikerahkan Selama Asian Games 2018

Kementerian Kesehatan RI mengerahkan 1.805 petugas kesehatan untuk mendukung Asian Games 2018.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 08 Agustus 2018 11:23 WIB
Sekretaris Jenderal Kemenkes RI Untung Suseno Sutarjo saat berada di ambulans VIP untuk mendukung Asian Games 2018. - Bisnis/Nur Faizah

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Kesehatan RI mengerahkan 1.805 petugas kesehatan untuk mendukung Asian Games 2018.

"[Terdiri dari] 407dokter dan sisanya perawat," tutur Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Bambang Wibowo, saat ditemui usai acara Apel Siaga Dukungan Kesehatan Asian Games 2018 di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2018) pagi.

Para tenaga kesehatan tersebut akan didistribusikan ke DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, dan Banten.

"Mereka direkrut dari pihak rumah sakit, dinas kesehatan, dan TNI," jelasnya.

Untuk mengasah kesiapan sumber daya manusia (SDM) kesehatan, Kemenkes juga telah beberapa kali mengadakan simulasi penanganan kegawatdaruratan yang didesain menyerupai keadaan sesungguhnya. Simulasi tersebut berupa pelayanan kesehatan yang dimulai dari lokasi atau venue pertandingan hingga ke rumah sakit rujukan.

Selain itu, dikatakan Sekretaris Jenderal Kemenkes RI Untung Suseno Sutarjo, Kemenkes RI telah menyusun modul pelatihan emergency in sport event untuk meningkatkan kualitas SDM kesehatan.

"Modul yang dipergunakan di dalam pelatihan ini baru pertama kali diadakan di Indonesia, dan isinya tentang berbagai pengetahuan terkait kegawatdaruratan," jelas Untung.

Modul dan pelatihan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan berbagai organisasi profesi, yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Perhimpunan Dokter Ahli Emergensi Indonesia (PERDAMSI), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO).

Tag : kemenkes, Asian Games 2018
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top