Kisah Dua Sejoli Asal Jepang, Raih Rekor Usia Pernikahan Terpanjang di Dunia

Rayful Mudassir | 04 September 2018 23:25 WIB
Pasangan suami istri asal Jepang Masao Matsumoto (108) dan Miyako (100) mendapatkan penghargaan dari Guinness World Records setelah menjadi pasangan hidup tertua di dunia - Yahoo News India

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan suami istri asal Jepang Masao Matsumoto (108) dan Miyako (100) mendapatkan penghargaan dari Guinness World Records setelah menjadi pasangan hidup tertua di dunia.

Kedua kakek dan nenek itu tidak lagi berusia muda. Jika digabungkan, usia keduanya mencapai 208 tahun. Sementara itu usia pernikahan keduanya yakni 80 tahun lebih setelah menikah sejak Oktober 1937.

"Saya sangat senang. Terimakasih atas kesabaran di diri saya," kata Miyako sambil tertawa dengan Masao ketika berfoto bersama keluarga lainnya seperti dilansir Reuters, Selasa (4/9/2018).

Kini pasangan tersebut tinggal di panti jompo. Meski demikian keduanya tetap tampak bahagia. Miyako bahkan menangis saat menerima penghargaan tersebut.

Sementara itu, Matsumoto menceritakan tentang kisahnya yang beberapa kali gagal mengadakan pernikahan saat masih muda. Mereka terhalang oleh adanya perang dunia yang sedang terjadi di Jepang.

Saat perang berkecamuk, Masao sendiri di kirim ke luar negeri sebagai seorang prajurit, tetapi itu bukan halangan baginya untuk memiliki keluarga bersama kekasihnya itu. Kini dia memiliki keluarga besar hingga sudah dipanggil cicit oleh 25 bayi yang terakhir lahir bulan lalu.

Jepang termasuk negara dengan harapan hidup terpanjang di dunia, sesuai data dari kementerian kesehatan Jepang yang menunjukkan bahwa mereka menempati peringkat Ke-2 dengan rata-rata berusia sekitar 84 tahun. Negara ini hanya kalah dari orang-orang Hong Kong.

Tag : pernikahan
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top