Galang Dana untuk Palu, 100 Musisi Bakal Gelar Konser 10 Jam

Lebih dari 100 seniman akan berpartisipasi dalam konser kemanusiaan bertajuk “Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala. Sulteng" pada Jumat (5/10/2018) pukul 13.00 - 23.00 WIB di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 03 Oktober 2018  |  13:28 WIB
Galang Dana untuk Palu, 100 Musisi Bakal Gelar Konser 10 Jam
Album Monokrom - tulus company

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari 100 seniman akan berpartisipasi dalam konser kemanusiaan bertajuk “Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala. Sulteng" pada Jumat (5/10/2018) pukul 13.00 - 23.00 WIB di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.

Konser kemanusiaan berdurasi 10 jam ini merupakan kolaborasi filantropi terintegrasi karena melibatkan berbagai komunitas dengan keahlian masing-masing. Agenda ini diharapkan menjadi gerakan masif, efektif dan tepat sasaran.

Hingga Rabu (3/10/2018) pukul 09.30 WIB, dana yang berhasil dihimpun untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng sudah mencapai Rp4,8 Miliar. Setengah dari jumlah tersebut berasal dari masyarakat melalui platform Tokopedia.

Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyambut baik inisiasi kemanusiaan ini. Menurutnya gerakan sosial yang dikemas dalam gerakan kreatif seperti ini terbukti berhasil mengumpulkan dana yang tidak sedikit, seperti konser kemanusiaan korban gempa Lombok.

"Kali ini dengan kolaborasi yang lebih masif dan banyaknya jumlah seniman yang berpartisipasi, semoga kita mampu menghimpun dana bantuan yang lebih besar juga," kata Triawan di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Tokopedia turut berkontribusi dalam “Gala Dana 100 Biduan. 100 Hits untuk Palu, Donggala, Sulteng” ini. Sejak hari Minggu, platform tersebut menghadirkan fitur “Donasi Palu” untuk mengajak sekaligus mempermudah masyarakat berdonasi.

“Semoga Iewat gerakan sosial ini, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk berdonasi untuk memberikan bantuan berupa dana sosial untuk saudara kita di Palu, Donggala, Sulawesi Tengah. Berapapun nilainya sangat berarti, bersama-sama kita bisa membuat perubahan dari hal yang kecil dan sederhana,” kata William Tanuwijaya, CEO Tokopedia.

Seluruh dana yang dikumpulkan melalui Tokopedia akan disalurkan untuk Palu dan Donggala oleh Community Development Center ILUNI Ul yang khusus bergerak dalam bidang pelayanan dan bantuan masyarakat.

Ariaf Budhy Hardono Ketua Umum Pengurus Pusat ILUNI UI mengatakan bahwa pihaknya telah berkonsolidasi dengan berbagai pihak untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat korban bencana di Palu Donggala.

“Kami berkomunikasi secara intensif dengan seluruh pengurus ILUNI UI pusat. ILUNI Fakultas dan wilayah seluruh Indonesia untuk mengetahui kondisi terkini para korban serta mengirimkan bantuan yang diperlukan masyarakat. Nantinya dana yang terkumpul dari konser amal ini akan kami salurkan langsung dalam bentuk makanan, pakaian, logistik, hingga bantuan kesehatan, pendampingan pemulihan trauma, dan pembangunan rumah-rumah sementara," katanya.

Para musisi lintas generasi yang terlibat dalam gelaran ini diantaranya Raisa, Tulus, lkang Fawzi, Krisdayanti, Lea Simanjuntak, Titi DJ, lnul Daratista, Afgan dan masih banyak lagi. Selain itu, Elek Yo Band yang beranggotakan sejumlah menteri kabinet kerja juga akan ikut menyumbangkan sejumlah lagu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Gempa Palu

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top