Kemenkes Sebut Cakupan Imunisasi MR Nasional Masih 62%

Cakupan imunisasi Measles dan Rubella (MR) di beberapa kabupaten dan kota Indonesia diklaim sudah mencapai 62% dari target nasional 95%.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 22 Oktober 2018 13:26 WIB
Vaksin MR (Measles Rubella) dari Serum Institute of India (SII). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Cakupan imunisasi Measles dan Rubella (MR) di beberapa kabupaten dan kota Indonesia diklaim sudah mencapai 62% dari target nasional 95%.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek usai melantik Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang baru, yaitu Oscar Primadi.

"[Sudah] 62% [secara nasional] mudah-mudahan sudah lebih naik. Tetap kami dorong dan datangi daerah-daerah yang sulit. Tapi, yang cakupan 95% [sudah di] beberapa provinsi, banyak kabupaten," ungkapnya di Kantor Kemenkes, Jakarta Selatan, Senin (22/10/2018).

Namun, tidak disebutkan daerah mana saja yang cakupannya sudah mencapai 95%.

Nila melanjutkan meski baru mencapai 62% dari target 95% yang dicanangkan oleh pemerintah, tapi hasil tersebut dinilai sudah menunjukkan peningkatan. Kemenkes menyatakan masih ada waktu untuk memenuhi target hingga waktu yang ditetapkan yakni akhir Oktober 2018.

"Sudah meningkat sih. Dari yang sulit-sulit itu kami datangi, dekati lagi," tambahnya.

Menkes tidak menampik jika belum maksimalnya pemberian vaksin MR disebabkan penolakan dari beberapa kalangan masyarakat yang masih mempertanyakan kehalalan kandungan di dalam vaksin tersebut.

Tag : kemenkes, vaksin
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top