Ilustrasi
Health

Ragam Spa Indonesia Diakui Terbaik di Inggris

Newswire
Selasa, 6 November 2018 - 16:53
Bagikan

Bisnis.com, LONDON – Spa Indonesia meraih penghargaan terbaik pilihan pembaca majalah Selling Travel yang diterima Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Internasional Nia Niscaya disela-sela pembukaan pameran pariwisata WTM London, di gedung Excel London berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 November mendatang.

Penghargaan untuk Spa Indonesia sebagai yang terbaik adalah untuk ketiga kalinya berturut-turut sejak tahun 2017, demikian Nia Niscaya kepada Antara London, Selasa (6/11/2018).

Dikatakannya penghargaan yang diterima Spa Indonesia merupakan pengakuan dunia akan keberhasilan Indonesia dalam memberikan pelayanan bagi wisatawan mancanegara yang memang ingin menikmati spa dan kebugaran ala Indonesia.

"Suatu kehormatan bagi saya mewakili Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menerima penghargaan dalam ajang bergengsi ini," kata Nia.

Dikatakannya atas nama orang Indonesia khususnya orang Bali, saya merasa sangat bangga karena Bali sekali lagi dianugerahi sebagai tujuan spa dan kesehatan terbaik untuk ketiga kalinya.

Menurut Nia Niscaya, Indonesia diberkati dengan berbagai tradisi yang menyebar dari Sabang ke Merauke dan Miangas ke pulau Rote yang kaya akan rempah-rempah, yang digunakan untuk perawatan khusus dalam setiap tahap kehidupan mulai dengan yang baru lahir, usia remaja, pernikahan, selama kehamilan, setelah periode persalinan, dan usia yang ramah.

Dikatakannya sejak tahun 2015, Kementerian Pariwisata Indonesia menginventarisasi pijat dan tradisi kesehatan di Indonesia dan berhasil mencatat spa bagi kesehatan tradisional Indonesia.

Secara rinci Nia Niscaya menjelaskan berbagai spa yang dilakukan di Indonesia seperti di suku Batak yang disebut Martup Perawatan untuk tubuh, pikiran, dan kesehatan spiritual menggunakan 14 rempah-rempah dan didedikasikan untuk wanita yang baru saja melahirkan .

Di Sumateta Barat dikenal dengan Batangeh perawatan detox menggunakan bumbu rebus yang didedikasikan untuk mereka berusia 40 tahun atau lebih yang ingin tetap sehat. Sementara di Betawi - Jakarta disebut Tangas menggunakan rempah-rempah dan berbagai bunga menghasilkan tubuh yang rileks dan harum. Ini bukan hanya perawatan untuk wanita sebelum menikah tetapi juga setelah persalinan.

Sementara di Yogyakarta dikenal Lulur perawatan untuk kulit tidak heran menjadi favorit wanita dari remaja hingga dewasa. Sedangkan di Madura dikenal So'oso, selain pijat, perawatan menggunakan minuman herbal. Spa ini terutama untuk kesuburan karena memperkuat organ reproduksi. Di Banjar Kalimantan Selatan dikenal dengan Batimung Banjar, perawatan ini menggunakan 41 ramuan herbal yang bertujuan untuk mendapatkan kulit dan detoks yang indah.

Spa Bali disebut Boreh masker tradisional Bali yang terbuat dari bahan herbal yang digunakan untuk menghangatkan tubuh dan menjaga sirkulasi darah. Dari Bugis - Sulawesi Selatan disebut Bedda Lotong, perawatan kecantikan yang membuat hasil lembut, lembab dan halus untuk kulit. Di Sulawesi Utara disebut dengan Bakera Minahasa, perawatan menekankan pada keseimbangan elemen panas dan dingin dalam tubuh manusia.

"Saya percaya tradisi Indonesia adalah harta yang paling berharga patut dilestarikan dan dibagikan kepada dunia," demikian Nia Niscaya mengundang warga dunia untuk datang ke Indonesia dan menikmati perawatan spa dan kesehatan yang mewakili kearifan lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro