Ini yang Buat Ani Yudhoyono Jatuh Cinta pada Tenun NTT

Ani Yudhoyono sudah mencintai tenun sejak remaja, sebelum dia menjadi istri Presiden Republik Indonesia yang keenam, Susilo Bambang Yudhoyono.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 18 November 2018  |  14:22 WIB
Ini yang Buat Ani Yudhoyono Jatuh Cinta pada Tenun NTT
Pegiat tenun khas Sumba Timur, Rambu Naomi. JIBI - BISNIS/Gloria Fransisca Katharina Lawi

Bisnis.com, JAKARTA - Ani Yudhoyono sudah mencintai tenun sejak remaja, sebelum dia menjadi istri Presiden Republik Indonesia yang keenam, Susilo Bambang Yudhoyono.

Dia mengaku sejak remaja sudah mulai mengoleksi tenun satu per satu, khususnya dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dari NTT itu banyak sekali motifnya, luar biasa itu bagus-bagus banget. Saya senang motif dari Sumba, bagus banget dan ada ceritanya,” tutur Ani Yudhoyono di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Ani mengatakan kalau kain dari NTT menarik perhatiannya dengan cerita dan sejarah yang ada di setiap motif.

“Apalagi kalau sudah mengetahui ceritanya, banyak yang menjelaskan cerita dari motif-motif buatannya, itu malah membuat saya semakin tertarik. Kalau motif ada ceritanya itu membuat saya merasa senang sekali,” lanjut Ani.

Walaupun mencintai motif-motif tenun NTT, Ani juga memiliki perasaan spesial untuk tenun dari berbagai daerah lain. Ibu dua anak ini juga menyukai kain tenun dari Palembang dan Batak karena kedua menantunya, Annisa Pohan dan Siti Ruby Aliya Rajasa, berasal dari kedua daerah tersebut.

Menantu saya dari Palembang dan Batak, jadi saya juga suka kain tenun dari Palembang dan Batak,” jelasnya.

Sebagai mantan Ibu Negara, Ani memiliki koleksi tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Karena itu, dia tidak memiliki favorit karena setiap tenun memiliki keindahan dan keunikan masing-masing. Namun, Ani mencintai cerita-cerita yang ada di motif tenun dari NTT.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ani yudhoyono, tenun

Sumber : Tempo

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup