40% Anak Laki-Laki Takut Cukur Rambut Karena Ini

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Chief Company, perusahaan yang bergerak di industri barber, empat dari sepuluh anak laki-laki berusia 1—10 tahun takut ketika akan dicukur rambutnya. 40% dari responden mengaku anaknya takut terhadap bunyi dan getaran alat clipper yang menimbulkan sensasi geli dan tidak nyaman.
Eva Rianti | 19 November 2018 18:07 WIB
Peluncuran Buku "Little Chief" karya Tascha Liudmila di Chief Barber Coffee and Artspace, Jakarta, Senin (19/11/2018) - Bisnis/Eva Rianti

Bisnis.com, JAKARTA – Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Chief Company, perusahaan yang bergerak di industri barber, empat dari sepuluh anak laki-laki berusia 1—10 tahun takut ketika akan dicukur rambutnya.

40% dari responden mengaku anaknya takut terhadap bunyi dan getaran alat clipper yang menimbulkan sensasi geli dan tidak nyaman.

Survei ini dilakukan terhadap 208 responden orang tua usia 24—45 tahun pada 11-12 November 2018. 

“Ketakutan anak-anak ketika cukur rambut itu karena bunyi clipper, takut terhadap gunting rambut yang tajam, tidak tahan duduk lama, dan juga tempat cukur yang tidak bersahabat untuk anak kecil. Paling banyak, 40% karena takut terhadap bunyi clipper,” ujar Oky Andries, Marketing Director Chief Company ketika ditemui Bisnis dalam acara “Peluncuran Buku Little Chief” di Chief Barber, Coffee and Artspace, Jakarta, Senin (19/11/2018).

Oky juga menjelaskan bahwa survei tersebut juga membuktikan bahwa 70% orang tua mencari jalan pintas untuk menenangkan anak dengan mengalihkan perhatian menggunakan gadget selama proses cukur rambut.  

Menyikapi angka tersebut, psikolog anak Elizabeth Santosa berpendapat bahwa ketakutan anak untuk cukur rambut lebih kepada tidak terbiasa dengan orang asing dan apa yang akan dikerjakan selama cukur rambut.

“Sebenarnya anak takut cukur rambut karena sesuatu yang tidak dia pahami [tentang perlakuan barberman terhadapnya]. Begitu anak sudah tahu, akan it’s oke,” tuturnya.

Menurutnya, orang tua bisa mulai dari mengajak anak ke tempat cukur rambut sehari sebelumnya, agar sang anak mengetahui suasana dan alat yang akan dipakai. Bisa juga dengan bermain role play cukur rambut dengan boneka atau dengan membacakan buku cerita tentang cukur rambut agar anak mengetahui proses cukur rambut.   

Tag : parenting
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top