Wanita memliki berat badan berlebih/Istimewa
Health

Ini Alasan Mengomentari Berat Badan orang Lain Bisa Berdampak Buruk

Tika Anggreni Purba
Jumat, 23 November 2018 - 12:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Tahukah Anda bahwa kebiasaan mengomentari berat badan orang lain berdampak jauh lebih besar dari yang Anda bayangkan? 

Faktanya kita hidup dalam budaya yang mengagungkan tubuh yang sehat dengan berat badan ideal. Sehingga komentar-komentar mengenai berat badan sudah menjadi hal lumrah terdengar dalam keseharian. 

“Ih gendutan ya!’, “kurus banget sih kamu?”,“diet dong, kamu kegendutan!”, atau komentar lain yang berkaitan dengan berat badan. Problemnya adalah secara tidak sadar komentar-komentar ini sebetulnya berdampak buruk pada orang yang dikomentari.

Orang tersebut tidak hanya sakit hati, tetapi bisa juga mengalami kondisi yang tidak Anda duga misalnya rusaknya gambar diri, terlukanya harga diri, atau problem mental lainnya.

Inilah alasan mengapa kita harus berhenti mengomentari berat badan orang lain dilansirhuffpost.com: 

1. Berat badan seseorang tidak selalu menggambarkan kehidupannya

Bertemu dengan teman atau kerabat adalah ajang untuk berbagi cerita tentang kehidupan dan hal bermakna lainnnya, bukannya untuk mengomentari berat dan bentuk tubuh.

Kita tidak bisa menggambarkan kehidupan orang lain melalui berat badannya, hal itu sangatlah dangkal. Tidak selamanya hidup orang dipresentasikan dengan berat badannya. Masih banyak hal lain yang jauh lebih berarti yang bsisa dibicarakan selain dari berat badan.

2. Banyak orang mengalami gangguan makan (eating disorder), mengomentari soal berat badan dan makanan bisa memperburuk keadaannya

Hanya karena tidak ada orang di sekitar Anda yang terbuka bahwa dia mengalami masalah gangguan makan, bukan berarti hal itu tidak terjadi. Faktanya banyak orang yang menderita masalah ini sehingga komentar soal berat badan dan diet sangat mungkin memperburuk situasi berat yang sedang dirasakannya. Mereka umumnya merasa lebih rendah diri dan sulit menerima dirinya sendiri.

3. Komentar itu bisa disalahartikan

Walaupun tujuan komentar itu adalah benar-benar karena kepedulian akan kesehatan seseorang, tetap saja komentar ini sangat mungkin disalahartikan. Apalagi orang yang gemuk atau orang yang sangat kurus sudah diberikan stigma yang negatif oleh masyarakat.

Pada umumnya komentar soal berat badan akan sejalan dengan stigma negatif tersebut. Itulah sebabnya kita harus berhenti mengomentari berat badan seseorang secara sembarangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro